seputarpapua.com

Bupati Mimika: Dana Otsus 8 Triliun Tidak Ada Apa-apanya untuk Bangun Papua

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng

Katanya, sebelumnya di Mimika mendapat dana yang cukup besar capai Rp 100 miliar.

“Tapi setelah itu kabupaten-kabupaten lain itu dapatnya Rp60 Miliar, paling kecil itu Rp40 Miliar kita timika yang paling rendah sekali,” ungkapnya.

“Sehingga dari dana Rp30 Miliar seperti kemarin diturunkan itu kita bagi untuk dinas yang kaitannya dengan masyarakat langsung. Sebagian di pendidikan, kesehatan, seperti perikanan,” tambah Eltinus.

Sehingga, kata Eltinus jika mendengar total nilainya memang besar, namun setelah dibagi ke OPD-OPD menjadi kecil, bahkan ada OPD yang hanya menerima Rp2 sampai Rp3 Miliar.

Sebelumnya, Menkopolhukam dan Mendagri berkunjung ke Timika dan melakukan pertemuan dengan pemerintah dan juga tokoh masyarakat untuk mengetahui apakah selama berjalannya otsus masyarakat puas atau tidak.

Menurut Eltinus, seharusnya tokoh-tokoh yang diundang dalam pertemuan bersama menteri itu ialah tokoh-tokoh yang selama ini juga mengikuti proses dana Otsus.

“Tetapi kemarin tokoh-tokoh itu tidak satu pun yang hadir, tidak berikan undangan. Sehingga kalau masyarakat yang kemarin hadir itu tidak terlalu pengaruh terhadap OAP,” tuturnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Aditra
Berita Terkait
Baca Juga