Bupati Mimika Diminta Kawal Proses Seleksi Calon Praja IPDN

Ketua Komisi C, Elminus B. Mom
Ketua Komisi C, Elminus B. Mom

TIMIKA | Ketua Komisi C, Elminus B. Mom, meminta Bupati Mimika, Eltinus Omaleng ikut mengawal proses seleksi calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) agar ada keterwakilan putra putri Amungme dan Kamoro.

Secara tegas, ia juga menyampaikan bahwa jatah untuk calon Praja IPDN dari Kabupaten Mimika harusnya anak-anak Amungme-Kamoro, agar generasi Amungsa bisa ikut bersaing di daerahnya sendiri.

“Tiap tahun nama anak dua suku ini selalu disebut-sebut, tapi kenyataanya tidak ada anak-anak orang asli yang diakomodir,”kata Elminus B. Mom saat ditemui di Gedung DPRD, Senin (29/6).

Tidak adanya perwakilan anak suku Amungme dan Suku Kamoro menurut Elminus Mom, karena tidak ada pengawasan serius dari pimpinan daerah.

” Jadi, sekarang ini saatnya Bupati harus tegas,” ujarnya.

Selain itu, Elminus juga mengapresiasi Organisasi Kamu Intelektual Amungsa (OKIA) yang sudah menyoroti terkait hal ini.

Bahkan, aksi yang rencana akan dilakukan OKIA untuk menduduki Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, menurut Elminus, merupakan suatu reaksi setelah mengetahui hasil seleksi berkas persyaratan administrasi calon Praja IPDNI yang tidak terdapat putra putri Amungme-Kamoro.

“Kalau tidak, kapan anak-anak dua suku ini bisa maju. Yang disampaikan OKIA itu kenyataan. Kita sekolahkan mereka supaya ada penerus kita untuk membangun Mimika. Kita tidak boleh terus membiarkan anak dua suku ini terus-menerus dalam tertinggal,” ujarnya.

 

Reporter: Saldi
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar