Bupati Mimika Kecewa Masyarakat Abaikan Imbauan ‘Social Distancing’

Bupati Mimika Eltinus Omaleng. (Foto: Sevianto Pakiding/SP)

TIMIKA | Bupati Mimika Eltinus Omaleng kecewa melihat perilaku masyarakatnya mengabaikan imbauan social distancing (jaga jarak) demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra, mengatakan Bupati Eltinus menyaksikan secara langsung perilaku masyarakat di Kota Timika seolah tidak ada kepedulian sama sekali.

“Sebagai kepala daerah, beliau menyaksikan semua orang ini biasa-biasa saja tanpa kesadaran melakukan imbauan pemerintah,” kata Reynold di Timika, Senin (23/3).

Kesadaran masyarakat memang sangat diperlukan menghadapai wabah virus corona yang semakin mengkhawatirkan. Satu-satunya cara terbaik mencegah adalah tidak terpapar virus tersebut.

Pemerintah telah mengimbau seluruh warga agar menjaga jarak sosial, tidak melakukan kontak langsung, menghindari kerumunan atau perkumpulan, mengurangi aktivitas di luar rumah, dan sebagainya.

“Sehingga tidak menutup kemungkinan ada langkah tegas kepala daerah setelah hasil pertemuan di Jayapura untuk membahas status lockdown pada 25 Maret ini,” kata Reynold.

Bupati Mimika, katanya, bisa saja melakukan penutupan secara total (lockdown) bilamana mengarah pada kondisi terburuk terkait penyebaran Covid-19, ditambah warga yang tidak disiplin.

“Karena upaya sudah maksimal dilakukan, mulai dari mengimbau, penertiban, tetapi masyarakat tidak disiplin. Bisa saja ada tindakan menangkap orang yang berkeliaran di jalan atau yang kumpul-kumpul,” ujarnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar