Bupati Mimika Minta Mendagri Bantu Pengiriman Alkes

Menteri Tito Terganggu Namanya Dikaitkan Dalam Pilpres 2024
Mendagri, Tito Karnavian

TIMIKA | Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng meminta dukungan untuk memfasilitasi pembelian dan pengiriman alat kesehatan (Alkes) di daerah itu.

Hal ini disampaikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng usai melakukan video conference dengan Mendagri Tito Karnavian, di Timika, Jumat (3/4).

Bupati menjelaskan, saat ini pembelian alat kesehatan dilakukan melalui BUMN. Dimana BUMN membeli Alkes dan kemudian dikirim ke Jayapura.

Hal ini membuat Kabupaten Mimika terkadang terlambat menerima alat kesehatan tersebut.

“Untuk itu mohon dukungan bapak menteri dalam negeri untuk fasilitasi. Jadi macam kita mau beli alkes, sementara ini kan melalui BUMN, sehingga mereka belanja kirim ke Jayapura provinsi, sehingga untuk kebutuhan kita disini itu tidak dapat, terlambat,” kata Bupati Eltinus.

Bahkan Bupati menyebut bahwa pihak provinsi menahan sebagian besar Alkes yang merupakan peruntukkan bagi Kabupaten Mimika.

“Kadang mereka yang tahan disana, padahal peruntukkan Mimika itu sebanyak sekian ratus, tapi kirim yang sekian sebagian besar mereka tahan disana,” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati berencana mengambil langkah sendiri dengan memakai perusahaan swasta lain untuk bisa belanja Alkes untuk Kabupaten Mimika. Ia berharap Pemerintah pusat bisa memberikan ruang kepada Pemerintah Kabupten untuk melakukan hal ini.

“Karena seperti itu maka kami di Timika tidak mau, kami mau ambil langkah sendiri, sehingga dari pusat kasih ruang buat kami, kami juga bisa pakai perusahaan swasta untuk beli alkes di Jakarta dan dikirim ke Timika,” jelasnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar