Bupati Mimika Minta Warga Tak Takut Ikut Rapid Test

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng

TIMIKA | Angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua terus mengalami peningkatan. Hingga Rabu (3/6) tercatat pasien positif Covid-19 berjumlah 284 orang.

Begitupun dengan jumlah ODP, PDP dan OTG yang terus mengalami peningkatan. Segala upaya telah dilakukan Pemkab Mimika demi memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Salah satunya dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSDD).

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, pembatasan ini dilakukan untuk menjaring orang-orang yang mungkin saja terpapar virus Corona.

“Kalau kita buka bebas, maka orang yang positif itu akan banyak,” katanya di Timika, Rabu (3/6).

Meski begitu, bupati dua periode ini juga meminta masyarakat jangan takut terhadap virus Corona dan menganggapnya paling berbahaya.

Tenaga medis bekerja dengan sangat profesional. Hal ini terlihat dari angka pasien sembuh di Mimika terus meningkat bahkan tertinggi se- Papua yakni 105 pasien.

“Yang paling penting itu adalah bagaimana menjaga perilaku sehat, pakai masker, cuci tangan dan mulai mempertimbangkan keluar rumah untuk hal yang penting saja. Dengan begitu penyebaran virus bisa ditekan,” pungkas Omaleng.

Lanjut Omaleng, apabila perilaku ini sudah baik, secara bertahap aktivitas masyarakat bisa dibuka kembali sampai betul-betul normal.

Pemerintah saat ini tengah membahas perpanjangan Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD) dan akan dilakukan perpanjangan mengikuti keputusan Pemerintah Provinsi Papua.

“Yang kita bahas ini masih PSDD. Apakah kita mau pakai new normal atau tidak. Kalau new normal kita mulai buka pelan-pelan,” ungkapnya.

Bupati juga meminta kepada masyarakat untuk mengikuti rapid test dan juga swab Test Covid-19. Hal ini menurutnya bisa mempercepat memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Masyarakat datang untuk rapid tes dan swab supaya lebih cepat dan putus jaringannya. Kalau masyarakat lama-lama, sembunyi dan takut bagaimana kita mau putuskan cepat,” ungkapnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar