Bupati Mimika Putuskan Warga Tembagapura Dipulangkan

KONPERS | Bupati Mimika, Eltinus Omalang (kiri) dalam konferensi pers di Grand Mozza Timika didampingi Wakil Bupati, Johannes Rettob
KONPERS | Bupati Mimika, Eltinus Omaleng (kiri) dalam konferensi pers di Grand Mozza Timika didampingi Wakil Bupati, Johannes Rettob

TIMIKA | Bupati Mimika, Eltinus Omaleng telah mengambil kebijakan untuk memulangkan warga korban konflik, Banti I, Banti II dan Opitawak, Distrik Tembagapura untuk kembali ke kampung halamannya.

Kebijakan tersebut diputuskan usai rapat koordinasi antar instansi, terkait pemulangan warga tersebut, Kamis (14/1/2021).

“Kita sama-sama ambil keputusan, ambil keputusan bahwa masyarakat (Tembagapura) untuk segera kita pulangkan,” kata Eltinus dalam konferensi pers usai rapat, di Hotel Grand Moza.

Disebutkan Eltinus, pemulangan warga akan dimulai pada Sabtu (16/1/2021). Namun sebelumya akan dilakukan pendataan warga yang akan lakukan oleh tim dipimpin Asisten I serta Kepala Distrik dan juga Kepala Desa di Tembagapura.

“Yang didata itu mulai dari orang tua sampai ke anak-anak. Yang mau naik silakan naik,” ujar Eltinus.

Menurut Eltinus, pemulangan warga nanti akan dilakukan bertahap karena ketersediaan bus untuk angkut warga ke kampungnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Terkait perbaikan infrastruktur baik kesehatan, pendidikan dan lainnya akan menyusul usai pemulangan warga.

“Setelah mereka naik, baru kita akan lihat untuk bantuan apa saja yang disiapkan oleh pemerintah dan juga disiapkan oleh Freeport,” tutur Eltinus.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar