Bupati Mimika Serahkan Akta Pendirian Perusda, Tahun ini Beroperasi

Bupati Mimika saat menyerahkan akte pendirian PT.MAS (Foto: Ist)
Bupati Mimika saat menyerahkan akte pendirian PT.MAS (Foto: Ist)

TIMIKA | Bupati Mimika Eltinus Omaleng, menyerahkan akta pendirian Perusahaan Umum Daerah (Perusda) PT. Mimika Abadi Sejahtera (MAS).

Penyerahan akta pendirian perusahaan ini dilakukan di Hotel Mozza Timika, Jumat (15/7/2022) diterima langsung oleh Direktur Utama PT. MAS, Cessar Avianto Tunya, didampingi pengurus perusahaan.

Dikutib dari Mimika.go.id, Bupati Mimika dalam kesempatan itu meminta agar jajaran direksi dapat bekerja profesional dan mendukung pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di Mimika.

“Perusda ini dibangun untuk mendukung pemerintah dalam memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD). Banyak aset pemerintah yang bisa dikelola oleh perusahaan seperti, pesawat, air bersih, Venue olahraga. Itu semua bisa dikelola untuk mendatangkan PAD,” kata Bupati Omaleng.

Sementara itu, Direktur PT MAS, Cessar Avianto Tunya mengatakan, akta pendirian ini menjadi modal utama untuk mengurus surat-surat perusahaan yang lain sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Ini langkah awal yang sangat luar biasa dilakukan oleh bapak Bupati. Tentu ini akan menjadi semangat bagi jajaran direksi untuk memberikan kontribusi bagi tanah Amungsa bumi Kamoro,” ujar Cessar saat dihubungi melalui telepon, Sabtu 16 Juli 2022.

Cessar menargetkan dalam tahun ini juga perusahaan sudah bisa beroperasi.

“Dari sekian banyak unit usaha, salah satu yang paling cepat bisa dikelola oleh perusahaan setelah resmi mengantongi legalitas adalah pengelolaan venue olahraga bekas PON dan soal pengelolaan kebersihan kota,” jelas Cessar.

Sementara pengelolaan pesawat milik Pemkab Mimika juga menjadi salah satu unit usaha PT MAS dibidang transportasi.

“Tentu pesawat juga menjadi target kami. Tapi hal itu tidak mudah dan tidak bisa secepatnya berjalan karena pengurusan surat-surat untuk pengelolaan transportasi udara cukup ketat ijinnya. Namun itu menjadi fokus kami dalam menjalankan usaha,” ujarnya.

Cessar menambahkan, untuk jangka panjang, perusahaan akan menjalin komunikasi ke PT Freeport Indonesia agar bisa bekerjasama.

“Sasaran dari perusahaan selain pemerintah daerah juga ke Freeport. Ada banyak usaha yang bisa saling bekerjasama seperti, ketenagakerjaan, aktivitas penyewaan, perdagangan bahkan sampai ke aktivitas penambangan,” ucapnya.

Ia berharap dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat Mimika agar PT Mimika Abadi Sejahtera bisa membawa dampak yang baik bagi masyarakat maupun pemerintah.

“Kami mohon doa dan dukungan. Ini tugas berat, tapi harus kita lakukan demi tanah ini, demi Mimika,” tutupnya.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.