Bupati Minta TP PKK Mimika Ikut Sosialisasi Vaksin dan Pakai Masker

Bupati Mimika Eltinus Omaleng memberikan sambutan penutupan Rakerda TP PKK Kabupaten Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Bupati Mimika Eltinus Omaleng memberikan sambutan penutupan Rakerda TP PKK Kabupaten Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta anggota dan pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mimika berperan aktif mensosialisasikan vaksin dan pentingnya pakai masker.

Sosialisasi terkait vaksin dan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) saat ini menurut Bupati sangat penting dilakukan, karena Mimika menjadi salah satu klaster penyelenggara PON XX Papua dan tuan rumah Pesparawi se- Provinsi Papua.

Pentingnya menerima vaksin untuk pelaksanaan PON kata Bupati, diutamakan bagi masyarakat di sekitar venue PON.

“Satu hal yang perlu Ibu-ibu lakukan, sosialisasi kepada Mama-mama di luar menyangkut PON 2021,” kata Bupati dalam sambutannya saat menutup rapat kerja daerah (Rakerda) TP PKK di Hotel Horison Ultima Timika, Kamis (20/5/2021).

Pedagang, khususnya Mama-mama Papua yang akan menjual semua hasil kerajinan tangan maupun hasil kebunnya kepada setiap orang yang datang menyaksikan pertandingan di venue-venue, juga harus divaksin meski sebagian orang Papua menganggap bahwa pandemi ini hanya terkena orang pendatang atau bukan orang Papua.

“Dengan kepentingan PON, mau dan tidak harus vaksin. Karena ibu-ibu akan jual ciri khasnya seperti noken, makanan lokal dan lainnya,” lanjutnya.

“Kami lagi atur untuk sosialisasi kepada ibu-ibu yang akan berjualan di tempat venue pelaksanaan PON 2021,” tambah Eltinus.

Selain PKK, ia juga meminta kepada pemerintah distrik dan lurah ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang vaksin dan protokol kesehatan.

“Karena kalau tidak orang-orang dari luar akan lari,” ujarnya.

Rakerda TP- PKK Mimika

Ketua Panitia Rakerda, Leentje Paiman mengatakan Rakerda berjalan sesuai jadwal mulai 18 sampai 20 Mei 2021, diikuti 224 anggota,diantaranya perwakilan TP PKK 18 distrik 144 orang dan pengurus TP PKK Kabupaten 80 orang.

Pamateri yang dihadirkan dalam Rakerda, Kepala Bappeda Mimika Yohana Paliling tentang alur penganggaran TP PKK mulai dari kampung, distrik hingga ke Kabupaten melalui Musrenbang.

selain itu, ada materi tentang stunting yang diberikan oleh Dinas Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan tentang kekerasan dalam rumah tangga dan pernikahan usia dini serta dari Dinas Pendidikan tentang Paud dan anak putus sekolah.

“Hasil yang dihasilkan dari Rakerda ini adalah perumusan oleh tim perumus menghasilkan sinergitas dan kemitraan TP PKK baik distrik maupun kabupaten,” jelas Leentje.

Pada acara penutupan juga digelar lomba fashion show yang diikuti puluhan anggota TP PKK baik distrik maupun kabupaten.

reporter : Anya Fatma
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.