Bupati Omaleng: Syarat Masuk Mimika Cukup Rapid Test

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng (Foto: Mujiono/SP)

TIMIKA | Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng menyatakan pelaku perjalanan yang hendak masuk ke Timika baik menggunakan moda transportasi laut maupun udara tidak perlu lagi menyertakan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) sebagai salah satu syarat.

Surat bebas Covid-19 sebagai syarat palaku perjalanan masuk ke Timika hanya perlu menyertakan hasil Rapid Test atau Tes Cepat dengan hasil Negatif.

Keputusan ini merupakan salah satu kesepakatan antara Bupati dan Forkopimda Mimika dalam penerapan Adaptasi Hidup Baru di wilayah itu yang mulai berlaku, Jumat (19/6) menggantikan Pra New Normal yang selama 14 hari ini telah diberlakukan.

“Jadi bagi penumpang yang mau masuk ke Timika dari luar Papua maupun dalam Papua sendiri hanya perlu Rapid Test. Tidak perlu Swab,” tegas Bupati Omaleng dalam keterangan pers usai pertemuan di Hotel Grand Mozza, Kamis siang.

Meski demikian, pelaku perjalanan tetap diminta untuk memperhatikan protokol kesehatan. Apabila sedang sakit agar menunda dulu rencana bepergian.

Pemerintah Kabupaten Mimika mulai menerapkan Adaptasi Hidup Baru (New Normal Life) dalam menghadapi pandemi Covid-19 di wilayah itu.

“Kenapa kami ambil keputusan ini karena saat ini jumlah pasien sembuh dari Covid-19 lebih tinggi dari pada yang positif. Tapi bukan berarti kita santai. Kita tidak tidak tau kapan virus ini akan berakhir. Jadi harus tetap waspada,” pungkas Omaleng.

 

Reporter : Mujiono/Batt
Editor : Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar