Bupati Tegaskan 7 Persen Saham Freeport Mutlak Milik Pemkab Mimika

Freeport Berupaya Tarik Orang Papua Lulusan Luar Negeri
Ilustrasi (Sumber Foto: Fb. PT.FI)

TIMIKA | Akhir tahun 2018 lalu pemerintah Indonesia resmi memiliki 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

Dari 51 persen saham itu 41,23 persen untuk PT Inalum dan 10 persen untuk Papua.

10 persen saham tersebut kemudian dibagi lagi, 3 persen untuk pemerintah Provinsi Papua sementara 7 persen untuk Pemerintah Kabupaten Mimika.

Terkait 7 persen saham tersebut, Bupati Mimika Eltinus Omaleng dengan tegas mengatakan, saham tersebut mutlak milik pemerintah daerah dan tidak akan dibagi-bagi kepada pihak-pihak yang mengatasnamakan perorangan atau kelompok tertentu.

“Saham tersebut akan dikelola perusahaan daerah yang dibentuk pemerintah,” katanya saat diwawancarai di Timika, Senin (24/8).

Untuk itu kata Bupati, salah jika ada pihak-pihak tertentu yang akan mendapat bagian dari saham 7 persen tersebut.

“Saya pun kalau sudah tidak jadi bupati, maka saya tidak berhak lagi bicarakan 51 persen atau 10 persen. Saya kembali seperti masyarakat biasa,” tuturnya.

Ia menjelaskan, saham yang diperoleh Mimika saat ini murni bisnis to bisnis. Kedepan jika hasilnya sudah ada, maka masyarakat akan menikmatinya.

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.