“Butuh Waktu Dua Kali Masa Inkubasi Putus Penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura”

Ilustrasi
Ilustrasi

JAYAPURA | Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal memberi perhatian serius terhadap penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura.

Ia bahkan mengatakan, untuk memutus penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura hanya butuh dua kali masa inkubasi, yakni 28 hari.

“Kalau satu kali masa inkubasi 14 hari, masyarakat yang ada di Kota Jayapura dapat berubah cara berpikirnya, berubah cara bertindaknya sesuai dengan protokol kesehatan, ini kami yakin bisa turun angkanya,” kata Wagub.

Namun kata Wagub, untuk menghentikan penyebaran secara total, maka diberikan waktu 28 hari.

“Jadi yang mau libur, jalan-jalan ke tempat hiburan, mall, pantai silahkan, tentunya Pak Wali Kota punya aturan tersendiri, pastinya kami minta tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Wagub.

Masa inkubasi adalah jangka waktu antara terjangkit virus dan munculnya gejala penyakit. Pada umumnya masa inkubasi Covid-19 diperkirakan berkisar dari 1 hingga 14 hari, umumnya sekitar lima hari.

IKLAN-TENGAH-berita

Sebelumnya pemerintah Provinsi Papua mengeluarkan kebijakan Adaptasi New Normal mulai 3 Agustus hingga 31 Agustus di 28 Kabupaten, terkecuali Kota Jayapura.

Pengecualian ini dikarenakan tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura sebagai ibukota Provinsi Papua masih tinggi.

Tercatat hingga 4 Agustus 2020, jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 1.834 kasus, dimana sebanyak 820 orang telah dinyatakan sembuh sementara yang dirawat 992 orang dan meninggal dunia sebanyak 22 orang.

 

Reporter: Berti
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar