Cabor Eksebisi PON XX Kewenangan Gubernur Papua

Ketua Harian PB PON Yunus Wonda. (Foto : Vidi/SP)
Ketua Harian PB PON Yunus Wonda. (Foto : Vidi/SP)

JAYAPURA | Sebanyak delapan cabang olahraga baru meminta untuk dipertandingkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021.

Meski hanya berstatuskan cabor eksebisi, namun keinginan induk cabor tetap berkeinginan dipertandingkan pada PON, apalagi 8 cabor tersebut sudah resmi masuk dibawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Panitia Besar (PB) PON XX Papua Yunus Wonda mengakui memang ada permintaan untuk mempertandingkan cabor eksebisi di PON Papua, namun untuk dipertandingkan merupakan keputusan dan kewenangan dari Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga selaku Ketua Umum KONI maupun Ketua PB PON.

“Memang ada keinginan untuk tandingkan 8 cabor baru sebagai ajang eksebisi dalam Rakernas KONI kemarin, tapi harus dibicarakan lagi sambil menunggu keputusan dari Gubernur Papua,” kata Yunus melalui pesan singkatnya, Senin (7/9).

Dikatakan, pihaknya masih menunggu keputusan Gubernur Papua, pasalnya jika 8 cabor baru itu masuk untuk dipertandingkan pada PON XX Papua, dipastikan akan berpengaruh terhadap kesiapan bidang lainnya, seperti akomodasi, transportasi, konsumsi dan sebagainya.

“Jelas ini akan berpengaruh terhadap yang lainnya, termasuk biaya harus di hitung kembali. Kembali lagi tidak bisa saya yang putuskan, tapi bapak Lukas Enembe yang menentukan itu, tetap dalam pembahasan kita semua stakeholder Papua sebagai penanggung jawab PON,” jelasnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Diketahui delapan organisasi induk cabang olahraga diterima sebagai anggota baru KONI berdasarkan keputusan Rakernas KONI 2020 yang digelar secara virtual, yakni Persatuan Pusat Modern Penthatlon Indonesia (PP MPI), Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Indonesia Beladiri Amatir (IBA-MMA), Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI), Perkumpulan Binaraga Fitnes Indonesia (PBFI), Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABERI), dan Federasi Ice Skating Indonesia (FISI).

 

Reporter: Vidi
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar