Cabor Skaterbord Bakal Dipertandingkan di PON XXI?

Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno dalam konferensi pers di Hotel Swiss Bell-Inn, Kamis (25/1/2024). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Cabang Olahraga (Cabor) Skateboard kemungkinan akan masuk menjadi salah satu yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Wakil I Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno memaparkan kemungkinan itu muncul, usai ada kebijakan atau tuntutan dari International Olympic Comittee (IOC) yang menyebut Skateboarder Indonesia bisa mengikuti olimpiade apabila Cabor tersebut telah mengikuti kompetisi di tingkat nasional dalam hal ini PON.

“Pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan sekaligus Ketua Umum Persatuan Olahraga Nasional Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) yang juga menaungi Cabor Skatebord menyampaikan skate merupakan cabor olimpiade, dan ada tuntutan dari IOC kaitanya dengan Olimpiade, boleh mengikuti Olimpiade sejauh itu sudah mengikuti kompetisi tingkat nasional dalam arti PON,” terangnya dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Swiss Bell Inn, Mimika, Kamis 25 Januari 2024, kemarin.

Suwarno melanjutkan, meskipun menaungi Skateboard, Pererosi atau Sepatu Roda sendiri masih belum masuk sebagai salah satu Cabor yang dipertandingkan di Olimpiade.

“Skateboard ini olahraga olimpiade, sepatu rodanya belum, nah ini yang aneh,” katanya.

Suwarno mengungkapkan, pihaknya dan Ketum Perserosi sampai saat ini masih merumuskan solusi apa yang akan diambil untuk menjawab tuntutan dari IOC tersebut.

“Ini tadi kami (KONI dan Perserosi) lagi bicara untuk merumuskan bagaimana caranya untuk menyikapi kebijakan yang dimiliki IOC,” ujarnya.

Ia menambahkan terkait kebijakan IOC ini, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan penyelenggara PON XXI, yakni Aceh karena Sepatu Roda termasuk dalam Cabor yang akan dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Kabupaten Pidie.

“Kita akan koordinasikan dulu juga dengan Aceh soal bagaimana menyikapi kebijakan dari IOC ini, karena ada peluang atlet (skate) satu atau dua orang akan lolos di Olimpiade,” tuturnya.

Menurut data, Cabor Skateboard Indonesia sudah menorehkan sejumlah prestasi internasional, salah satunya pada 2022 lalu atlet Indonesia Sanggoe Darma Tanjung berhasil merebut perak di ajang Asian Games di Tiongkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan