Cek Realisasi Fisik dan Serapan Anggaran, Bappeda Mimika Gelar Monitoring Meja

Suasana kegiatan monitoring meja yang digelar oleh Bappeda Mimika di kantornya, Selasa (6/6/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Suasana kegiatan monitoring meja yang digelar oleh Bappeda Mimika di kantornya, Selasa (6/6/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika menggelar Monitoring Meja pertama untuk mengetahui progres perkembangan realisasi fisik (pembangunan) dan keuangan pada caturwulan pertama (empat bulan awal) tahun 2023.

Kegiatan tersebut digelar di Kantor Bappeda Mimika, Selasa (6/6/2023) yang diikuti sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Bappeda Mimika Yohana Paliling dalam arahannya mengatakan, kegiatan digelar dengan harapan seluruh jajaran OPD bertanggungjawab khususnya Kepala Sub Bagian Program yang bertanggungjawab dalam penginputan realisasi fisik dan anggaran, agar memberikan informasi tentang progres di setiap paket pekerjaan.

“Kegiatan monitoring meja ini adalah bagian dari fungsi pengawasan untuk mengetahui sejauh mana progres dan peforma OPD dalam belanja kegiatan dan sub kegiatan yang sementara dikerjakan tahu ini khsususnya di caturwulan pertama ini, sementara kita memasuki caturwulan kedua,” ungkapnya.

Yohana memaparkan kegiatan monitoring meja dilaksanakan bertujuan untuk menjaga kegiatan yang sedang dilaksanakan, agar berjalan sesuai dengan tujuan, sasaran dan target.

“Selanjutnya, jikalau ada kesahalan, kita bisa mengetahui sedini mungkin agar resiko besar yang akan terjadi kedepannya dapat di antisipasi,” ujarnya.

Kegiatan monitoring digelar untuk mendukung upaya penyempurnaan  perencanaan kegiatan berikutnya.

“(Monitoring dilakukan) untuk mendapatkan informasi perkembangan pelaksaan suatu kegiatan di setiap OPD,” katanya.

Yohana berharap kepada seluruh Pimpinan OPD dan operator untuk memberikan perhatian penuh pada beberapa hal yang belum diinput dalam aplikasi, seperti dalam hal pengisian paket kegiatan, realisasi fisik per paket serta melengkapi beberapa dokumen pendukung yang belum lengkap.

“Proses ini adalah merupakan hal yang mutlak dilalui untuk mendapatkan laporan realisasi yang akurat,” tegasnya.

Yohana saat dikonfirmasi melalui pesan singkat soal realisasi fisik mengatakan, dari monitoring inilah akan diketahui realisasi pembangunan Pemkab Mimika pada caturwulan pertama tahun 2023.

“OPD baru mulai isi data di Si Monev (Sistem Monitoring dan Evaluasi), (soal relaisasi fisik) kita blm tahu, itu yg kita mau data, serapan anggaran bisa tanya ke kabag keuangan,” tutupnya.

Advertisements

Sementara itu, ketika dikonfirmasi seputarpapua.com soal serapan anggaran Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika Marthen Malissa belum memberikan jawaban.

 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan