Cerita Tukang Ojek di Timika Pasca BBM Naik, Sehari Dapat Rp75 Ribu, Beda dengan Sebelumnya

Tukang ojek pangkalan di Timika, Abdullah Rumbara. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berdampak terhadap pendapatan tukang ojek di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

“Untuk pendapatan ojek memang menurun sejak kenaikan bbm,” kata Abdullah Rumbara tukang ojek pangkalan saat diwawancara, Rabu (7/9/2022).

Abdullah menceritakan, kenaikan harga BBM tentu membuat tukang ojek menaikkan tarif ojek.

Misalnya, sebelum kenaikan ini tarif ojek dari RSUD Mimika ke Pasar Lama Rp15 ribu, saat ini seharusnya sudah Rp20 ribu.

Namun, dia dan tukang ojek lainnya tidak bisa serta-merta menuntut tarif ojek dibayar sesuai yang ditentukan karena masih ada masyarakat yang tidak mengerti atau bahkan tidak perduli dengan dampak kenaikan harga BBM.

“Sekarang ini kita mau kasih naik juga masyarakat belum mau terima, ada sebagian yang sudah mengerti mereka kasih Rp20 ribu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan sejak kenaikan harga BBM, dia harus mengeluarkan uang Rp40 ribu untuk satu kali mengisi bensin jenis Pertalite di SPBU.

“Sebelumnya Rp30 ribu sudah full,” ucapnya.

Pria paruh baya itu mengungkapkan, sebelum kenaikan harga BBM penghasilan tukang ojek khususnya di pangkalan RSUD Mimika bisa Rp200 ribu kadang bisa sampai Rp300 ribu dalam satu hari.

“Sekarang ini kita mau usahakan Rp100 ribu susah. Paling tidak Rp75 ribu atau Rp80 ribu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain harga BBM yang naik saat ini untuk mendapatkan BBM jenis Pertalite di SPBU juga harus mengantri.

Antrean panjang menurut Abdullah karena hanya satu operator yang bekerja mengisi bbm di jalur Pertalite.

“Kendalanya cuma di operator saja kalau satu operator itu lama tapi kalau dua operator di pertalite itu cepat biar antrian panjang tapi cepat pengisiannya,” tambahnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.