Cuaca Ekstrem, Pemkab Mimika Diminta Pangkas Pohon-pohon yang Berbahaya

Muh Nurman S. Karupukaro
Ketua Komisi B DPRD Mimika, Muh Nurman S. Karupukaro. Foto: Istimewa

TIMIKA | Menyikapi cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang di Kabupaten Mimika, Papua Tengah beberapa hari belakangan ini, Ketua Komisi B DPRD Mimika, Muh Nurman S. Karupukaro meminta Pemerintah Kabupaten Mimika melalui dinas terkait dapat memangkas pohon besar dan tinggi serta sudah tua diseputaran kota Timika.

“Saya minta dinas terkait dan PLN memperhatikan dengan memangkas pohon-pohon tinggi dan sudah tua di wilayah kota Timika dan sekitarnya. Ini untuk mengantisipasi curah hujan dan angin kencang yang terjadi belakangan ini di Mimika,” kata Nurman di ruang kerjanya Kantor DPRD Mimika, Jumat (6/1/2023).

Hal ini dia sampaikan karena pada Kamis, 5 Januari 2023 banyak pohon tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang, baik itu di pinggiran jalan maupun didepan perkantoran milik pemerintah, seperti misalnya di Kantor Imigrasi Mimika.

Bahkan, akibat kejadian pohon tumbang, ada warga paruh baya menjadi korban lantaran tertimpa pohon di jalan Mambruk (jalan Restu), kemarin. Hak ini perlu menjadi perhatian.

PLN juga diminta melihat kondisi ini, jangan sampai ada kabel-kabel milik PLN yang putus dan mengenai warga sehingga dapat menyebabkan kematian.

“Sebagai upaya antisipasi yang dilakukan oleh PLN, agar tidak terjadi apa-apa,” ujarnya.

Politisi Partai Gerindra ini juga meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan, karena kondisi cuaca belakangan ini sedang kurang bersahabat. Terlebih di laut, masyarakat harus berhati-hati melakukan pelayaran atau melaut, perlu mengantisipasi tingginya gelombang di lautan.

“Kalaupun ingin melaut, harus baca peta pasang surut. Ini perlu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbaunya.

Selain itu masyarakat yang ada di wilayah kota dan sekitarnya diminta agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama pada daerah aliran sungai (DAS) maupun drainase, serta perlu membersihkan sampah-sampah yang berada disekitar lingkungan masing-masing.

“Pembersihan sampah dan tidak membuang sampah sembarangan, agar tidak terjadi banjir,” ungkapnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika telah memprakirakan pada awal Januari 2023, di wilayah Kabupaten Mimika, Papua Tengah akan dilanda hujan, petir, dan terpaan angin kencang.

Angin di perkirakan dominan dari arah barat dengan kekuatan 5-8 knot. Angin barat ini biasa disebut Monsoon Asia, karena biasanya angin ini berasal dari wilayah barat Asia.

Advertisements

Ciri-ciri angin ini biasanya sangat cepat dan terjadi dua kali sehari dengan durasi waktu 1-2 jam.

Adanya angin kencang membuat awan di Timika menjadi sedikit, sehingga akan terasa lebih panas saat siang hari. Namun, pada sore hari hingga malam terjadi hujan, petir, dan angin.

Dari itu, pihak BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai pohon di sekitar rumah maupun di jalanan. Sebab kecepatan angin ini dapat merobohkan pohon.

Advertisements

Walaupun hujan dan angin akan berlangsung tidak lama, tetapi patut diwaspadai. Keadaan itu sudah terjadi pada Kamis, 5 Januari 2023 dan masih berlangsung beberapa hari ke depan.

Jalur angin sangat kurus lantaran tanpa halangan dari arah barat ke timur, sehingga sangat kencang dan membuat pertumbuhan awan sangat sedikit.

penulis : Mujiono
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan