Daftar Dokter yang Dibutuhkan Mimika Menurut IDI

Dokter Leonard Pardede, SpOG. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua
Dokter Leonard Pardede, SpOG. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua

TIMIKA | Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Mimika, dr. Leonard Pardede, SpOG mengatakan ada beberapa dokter yang memang masih dibutuhkan di Kabupaten Mimika.

Dijelaskan dokter yang terdata di pembukuan IDI berjumlah130an yang terdiri dari 41 dokter spesialis dan sisanya adalah dokter umum yang bekerja di Faskes promer maupun praktek mandiri.

“Yang langka itu misalnya dokter jantung, memang ada (di Timika) tapi untuk kateterisasi jantung kita tidak ada. Saya berharap kolaborasi dengan pemerintah nanti kita bisa kasih masukan mungkin untuk penyediaan di faskes tingkat lanjut seperti RSUD itu mempunyai kateterisasi jantung seperti yang ada di Jayapura Dok 2,” kata dr.Leo ketika di wawancarai, Kamis (11/8/2022).

Selain itu yang masih dibutuhkan adalah dokter spesialis seperti Neurologi, Ortopedi dan juga perlu penambahan dokter spesialis jantung. Lainnya adalah dokter mata, THT, dan dokter kulit.

“Itu mungkin yang vital untuk saat ini tapi untuk berikutnya pasti akan banyak yang dibutuhkan misalnya di Timika dokter mata juga cuman satu, dokter kulit juga cuman satu,” ujarnya.

“Kalau misalkan pemerintah mau HR ke RSUD mungkin dokter mata karena dokter mata itu sudah dicari-cari orang tapi saya tidak punya kompetensi untuk hal itu. Kedepan juga di Timija mungkin akan ada fakultas kedokteran, kalau lihat situasinya pasti 10 tahun kedepan perkembangannya luar biasa,” pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.