seputarpapua.com

Danrem Merauke Resmikan Dua Koramil di Asmat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
PERESMIAN | Danrem 174/ ATW Merauke Brigjen TNU Bangun Nawoko didampingi Bupati Asmat Elisa Kambu meresmikan Koramil Atsji dan Suator, Jumat (9/4/2021). (Foto: Fagi/Seputarpapua)
PERESMIAN | Danrem 174/ ATW Merauke Brigjen TNU Bangun Nawoko didampingi Bupati Asmat Elisa Kambu meresmikan Koramil Atsji dan Suator, Jumat (9/4/2021). (Foto: Fagi/Seputarpapua)

ASMAT | Komandan Resort Militer (Danrem) 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko meresmikan dua Komando Rayon Militer (Koramil) di Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (9/4/2021).

Dua Koramil ini berada di Distrik Atsj dan Distrik Suator.

Dikarenakan jarak antara kedua distrik ini berjauhan, maka untuk Koramil Distrik Suator diresmikan secara simbolis di Koramil Distrik Atsj.

Hadir dalam peresmian, Bupati Asmat Elisa Kambu, Ketua DPRD Yoel Manggaprou, Kapolres AKBP Dhani Gumilar, Kasrem 174/ATW Merauke Kolonel Arh Hami Tohari, Kasi Intel Korem Kolonel Inf Enjang, pejabat TNI – Polri setempat, tokoh masyarakat dan undang terkait.

Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengatakan saat ini telah berada enam Koramil di Asmat.

Enam Koramil ini berada di Distrik Agats, Fayit, Pantai Kasuari, Sawa Erma, Atsj, dan Suator.

“Kami sangat bersyukur karena telah memiliki enam Pos Koramil di Kabupaten Asmat,” kata Danrem.

Menurut Danrem, kehadiran sejumlah Koramil di Asmat tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah untuk mengawal keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Mewakili TNI, saya sampaikan terima kasih banyak bapak bupati dan wakil bupati Asmat telah memberikan dukungan kepada TNI di Kabupaten Asmat,” ujar Danrem.

Danrem menambahkan, di TNI ada Babinsa yang bertugas di Koramil. Babinsa adalah milik masyarakat.

Babinsa tidak hanya bertugas melayani masyarakat soal kamtibmas, tapi juga membantu melaksanakan kegiatan sosial dilingkungan masyarakat setempat. Baik itu pembersihan lingkungan, pembangunan rumah ibadah, dan kegiatan sosial lainnya.

“Kepada masyarakat jika membutuhkan tenaga TNI untuk melaksanakan kegiatan sosial datang dan panggil mereka untuk bersama-sama bekerja,” ujar Danrem.

“Harapan saya adalah sinergitas semua elemen adalah wujud perdamain antara satu dengan yang lain,” tambah Danrem.

Dalam peresmian ini tidak hanya ditandatangani oleh Danrem, tapi juga dilakukan tokoh masyarakat.

“Kenapa tokoh adat ikut juga bertandatangan, hal ini sebagai bentuk penghargaan TNI kepada mereka selaku tuan tanah, dan juga sebagai sinergitas TNI bersama masyarakat,” ucap Danrem.

Menurut Danrem, keikutsertaan tokoh masyarakat dalam penandatanganan bukan baru kali ini saja dilakukan pada peresmian Koramil Atjs dan Suator.

“Sama halnya dilakukan pada persemian Koramil Distrik Fayit dan juga pada beberapa Koramil di kabupaten lainya,” pungkas Danrem.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, kehadiran dua Koramil ini adalah upaya dari pemda kepada TNI.

Pemda mendukung penuh TNI hadir di kampung-kampung di Asmat, dengan tujuan meciptakan rasa aman untuk masyarakat, dan ikut membantu masyarakat dalam pembangunan sesuai bidangnya.

Tak hanya TNI, pemda juga mendukung kehadiran kepolisian di Asmat.

“Selain bantuan kepada TNI, ada juga polsek-polsek yang yang telah hadir di distrik setempat. Kami juga telah membantu membangun Pos Polsek di sejumlah distrik di Asmat,” kata Bupati.

Dukungan yang diberikan kepada TNI dan Polri, menurut Bupati, karena ini merupakan komitmennya bersama Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo guna menciptakan rasa aman demi percepatan pembangunan.

“Karena ini komitmen saya bersama wabup untuk bersinergi bersama TNI-Polri dalam memperhatikan masyarakat di Asmat dan menciptakan rasa aman, dan menbantu mendorong pembangunan di segala aspek,” pungkas Bupati.

Reporter: Fagi Difinubun
Editor: Aditra

Berita Terkait
Baca Juga