Dekatkan Pelayanan, Wilsary dan Puji Buka Kantor Konsultan Pajak di Mimika

PEMBUKAAN | Pembukaan Kantor Konsultan Pajak Wilsary Puji R dan Partner. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
PEMBUKAAN | Pembukaan Kantor Konsultan Pajak Wilsary Puji R dan Partner. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Guna mendekatkan diri dengan masyarakat dalam pelayanan pajak, Wilsary-Puji R (KKP WS-PR) dan rekan membuka Kantor Konsultan Pajak di Jalan KH Dewantara, Mimika, Papua.

Managing Partner KKP WS-PR, Wilsary mengatakan, sebenarnya dirinya sudah menjadi konsultan pajak sejak 2015 bersama yang lainnya. Dengan pengalaman yang cukup menjadi konsultan pajak, maka ia memberanikan diri membuka KKP WS-PR dan partner.

Tujuan dari dibukanya KKP WS-PR dan Partner ini untuk lebih mendekatkan diri kepada wajib pajak (WP) di Mimika.

“Sebelum memiliki Kantor konsultan pajak ini, saya dan rekan sudah memiliki klien pajak. Dengan adanya kantor ini, kami bisa lebih dipercaya lagi,” katanya.

Kata dia, kantor konsultan pajak ia  buka bersama rekan ini juga untuk membantu Kantor Pelayanan Pajak di Mimika. Dimana, pada saat pembukaan kantor, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mimika menyampaikan bahwa sumber daya manusia (SDM) petugas pajak masih kurang dalam melayani masyarakat. Sehingga dengan adanya kantor konsultan pajak sebagai mitra KPP Pratama bisa membantu WP di Mimika.

“Apalagi posisi kami berada di tengah-tengah Kota Timika, sehingga bisa membantu sekaligus mengedukasi WP dalam penanganan pajak. Sehingga pajak itu tidak lagi seperti sesuatu yang menakutkan,” ujarnya.

Mengedukasi ini dalam arti, memberikan pemahaman kepada WP bahwa mengurus pajak tidak serumit yang dibayangkan

“Karenanya dalam pembukaan kantor tadi, kami berikan seminar tentang hak-hak wajib pajak, perundang-undangan, hak pembetulan SPT, hak untuk pengurangan angsuran PPH PS.25, penghapusan sanksi, dan pengajuan keberatan dan banding,” terangnya.

Sementara Puji Rahayu Ningsih menambahkan, pelaporan pajak tentunya harus dilengkapi dengan laporan keuangan yang memadai. Dari hal itu, maka memerlukan pembukuan yang baik.

Karenanya, dengan adanya konsultan pajak seperti dirinya dan partner, maka sangat membantu WP dalam mengurus pembukuan dalam kepengurusan pajak.

“Pembukaan kantor konsultan pajak ini juga untuk mengembangkan sayap. Dimana, kami juga memiliki kantor konsultan pajak di Gunung Kidul, Yogyakarta,” katanya.

Sedangkan Konsultan Pajak dan Lawyer KKP WS-PR, Arif Budiman mengatakan, pada intinya kantor konsultan pajak membantu para WP yang memiliki kemampuan terbatas. Ia dan partner berkeinginan mengembangkan sayap untuk membantu masyarakat. Apalagi Mimika jauh dari Pemerintah Pusat, sehingga diharapkan dengan kehadiran dirinya dan partner bisa lebih membantu pelayanan di bidang perpajakan.

“Sebelumnya, kami yang awalnya berada di dekat dengan Pemerintah Pusat sudah sering membantu WP. Karenanya dengan pengembangan sayap ini bisa mempercepat proses perpajakan kepada orang-orang yang berurusan dengan pajak,” katanya.

reporter : Mujiono
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.