Demo Tolak DOB di Jayapura Berlangsung Kondusif

Aksi demonatrasi di Lingkaran Abepura, kota Jayapura, (Foto: Ist)
Aksi demonatrasi di Lingkaran Abepura, kota Jayapura, (Foto: Ist)

JAYAPURA | Aksi demonstrasi menolak pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di kota Jayapura, Papua, Jumat (1/4) berlangsung kondusif.

Penyampaian aspirasi dikawal ketat aparat keamanan di dua titik yakni di Distrik Abepura (Lingkaran Abepura) dan Distrik Heram, Waena.

Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Gustav Urbinas, mengatakan pendemo  sudah menyampaikan aspirasi dan telah didengar langsung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua.

“Pendemo sudah membacakan aspirasi di dua titik yakni di lingkaran Abepura dan Expo Waena dan telah didengar perwakilan dari DPRP,” katanya.

Kapolres mengatakan, massa yang berkumpul di lingkaran Abepura kini mempersiapkan guna membubarkan diri.

“Kami sudah tawarkan tawarkan kendaraan tetapi mereka (massa) memilih berjalan kaki,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan pengawalan guna mengantisipasi terjadi gangguan keamanan.

“Kami mengawasi hingga mereka sampai ke kediaman mereka masing-masing,” ujarnya.

Dalam penyampaian aspirasi kata dia, berjalan aman di dua titik tersebut. Pihaknya bahkan tidak mengizinkan pendemo melakukan long march (perjalanan panjang).

“Kami tidak ingin longmarch karena apakah ada jaminan untuk berjalan tertib atau tidak, kenapa karena korlap dan penanggung jawab juga tidak berani bertanggung jawab. Artinya Mereka tidak menunjukan diri dan tidak mampu melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian,” katanya.

reporter : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.