Deretan Peristiwa Besar Sepanjang Tahun 2021 di Papua

Berbagai peristiwa terjadi di Papua sepanjang tahun 2021. Berikut rangkaian peristiwa besar yang dirangkum tim seputarpapua.com.

KKB Bakar Pesawat di Puncak Papua

Kelompok separatis membakar pesawat terbang perintis milik Mission Aviation Fellowship (MAF) dan menembak helikopter yang dikontrak PT. Freeport Indonesia dalam serangan terpisah di Papua pada Rabu 6 Januari 2021.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, Sebby Sambom kepada Seputarpapua.com, Jumat 8 Januari 2021, menuduh bahwa pesawat MAF digunakan untuk mengangkut personel militer dan polisi serta pasokan logistiknya.

Selengkapnya…

 

Warga Mimika Alami Keracunan Massal

Puluhan anak dan orang dewasa di Timika, tepatnya di Kelurahan Timika Jaya alami keracunan massal pada Sabtu (27/2/2021) malam hingga dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM).

Para korban mengalami muntah-muntah hingga kondisi tubuh mereka menjadi lemah. Diduga, para korban mengalami keracunan makanan di sebuah pesta ulang tahun. Kepala Rumkitban (Karumkitban) Timika Lettu Ckm dr Metiel Amigo Pangaribuan melaporkan, sampel makanan pada acara ulang tahun itu ditemukan adanya kadar formalin dan nitrit.

Selengkapnya…

 

KKB Tembak Mati Guru di Puncak Papua

Dalam kurun waktu dua hari, Kamis (8/4/2021) dan Jumat (9/4/2021), Kelompok Kriminal Bersenta (KKB) menembak mati dua orang Guru di Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Kelompok Kriminal Bersenjata dilaporkan kembali membakar rumah penduduk dan fasilitas pendidikan di Kampung Dambet, Distrik Beoga pada Sabtu (17/4/2021). Aksi itu dilakukan sekitar pukul 09.30 WIT dan menyasar rumah warga lokal Ener Tinal yang juga dikenal sebagai seorang kepala suku.

Selengkapnya…

 

Papua Berduka: Wagub Papua Klemen Tinal Tutup Usia

Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta pada 21 Mei 2021 dini hari.

Klemen meninggal akibat penyakit jantung yang sejak lama dideritanya. Pemakaman sang wakil gubernur dilaksanakan di Mimika pada 24 Mei 2021 dan dihadiri sejumlah pejabat Papua serta masyarakat dan keluarga besar di Mimika.

Selengkapnya…

 

PON Digelar di Papua Bukti “Torang Bisa”

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 resmi dibuka di Jayapura pada 2 Oktober 2021 oleh Presiden joko Widodo.

Perhelatan olahraga akbar ini dilaksanakan di empat klaster yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Sebanyak 681 nomor pertandingan berjalan selama kurang lebih dua minggu. Provinsi Jawa Barat resmi menjadi juara umum di perhelatan ini dengan mangantongi 133 medali emas.

Dengan terselenggaranya ajang ini, menjadi bukti bahwa Papua mampu bersaing dalam hal SDM dan infrastruktur di kancah nasional, sesuai slogan “Torang Bisa”.

Selengkapnya…

 

Peparnas XVI Digelar di Papua: Torang Bisa, Torang Hebat

Tidak hanya PON. Provinsi Papua juga dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI pada 2 hingga 13 November 2021.

Terdapat 861 medail emas, 861 medali perak, dan 1.090 medali perunggu melalui 640 nomor perlombaan dari 12 cabor yang dipertandingkan dalam ajang bagi kaum difabel tersebut.

Tuan rumah Papua menjadi juara umum usai memboyong medali yang terdiri dari 127 emas, 87 perak dan 93 perunggu.

Presiden Joko Widodo menyebut keberhasilan Peparnas bukan hanya sebagai bukti “Torang Bisa” tapi juga “Torang Hebat”.

Selengkapnya…

Editor: Tim Redaksi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.