Diduga Dalang Kerusuhan Dogiyai, Polisi Tangkap Ketua KNPB Wilayah Dogiyai

Ketua KNPB wilayah Dogiyai, SG, saat ditangkap aparat gabungan di area SPBU Moanemani, Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, Selasa (22/11/2022). (Foto: Humas Polda Papua)
Ketua KNPB wilayah Dogiyai, SG, saat ditangkap aparat gabungan di area SPBU Moanemani, Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, Selasa (22/11/2022). (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Aparat gabungan menangkap SG, Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, Selasa (22/11/2022).

SG ditangkap karena diduga menjadi ‘otak’ dalam kerusuhan yang terjadi pada Sabtu, 12 November 2022 di Kabupaten Dogiyai.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya menyampaikan, SG ditangkap saat sedang mengisi bahan bakar di SPBU Moanemani sekitar pukul 10.25 WIT.

“Kami mengamankan ketua KNPB wilayah Dogiyai atasnama SG untuk dimintai keterangan terkait kasus laka lantas berujung kerusuhan yang terjadi pada Sabtu lalu,” kata Kabid Humas.

Ia menjelaskan, penangkapan dilakukan aparat gabungan usai mendapat laporan warga bahwa SG lagi berada di SPBU.

“Anggota dipimpin Wakapolres Dogiyai dan tim Satgas Damai Cartenz bergerak ke TKP dan berhasil mengamankan SG kemudian dibawa ke Mapolres Dogiyai,” ujarnya.

SG kini dibawa ke Kabupaten Nabire untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Polres Nabire.

Selain itu, kata Kamal, Kepolisian akan melaksanakan penegakkan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat kekerasan saat terjadi kerusuhan di Kabupaten Dogiyai.

Kamal juga meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga situasi di Dogiyai selalu kondusif.

“Saat ini SG sudah dibawa ke Nabire untuk dimintai keterangan lebih lanjut dengan dikawal oleh aparat gabungan Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.