Diduga Terlibat Jual-Beli Senjata Api, Kakek Berusia 74 Tahun Ditangkap

Pihak Satgas Humas Operasi Damai Cartenz menunjukkan foto kakek PO, terduga pelaku jual-beli senjata api yang ditangkap Satgas Operasi Damai Cartenz pada Selasa, 4 Juni 2024. Foto: Dok Satgas Humas ODC

TIMIKA, Seputarpapua.com | Seorang kakek berusia 74 tahun berinisial PO ditangkap Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz-2024 lantaran diduga terlibat dalam praktik jual-beli senjata api yang dilakukan oleh tersangka lainnya berinisial MO di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua pada Senin, 3 Juni 2024.

Dalam keterangan yang dikeluarkan Satgas Humas Operasi Damai Cartenz, Rabu (5/6/2024), disampaikan bahwa PO ditangkap pada hari Selasa, 4 Juni 2024 di Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura sekitar pukul 12.00 WIT.

PO diduga kuat merupakan pemasok senjata api untuk tersangka MO yang telah ditangkap sebelumnya.

Dijelaskan, berdasarkan keterangan dari tersangka MO, saudara PO telah menjual kepadanya 2 unit senjata api laras pendek. Di mana satu senjata api telah berhasil dijual dan satunya lagi berhasil diamankan saat Satgas Operasi Damai Cartenz membuntuti pergerakan MO di Depapre sebelum transaksi dilakukan.

Diduga, PO dan MO merupakan jaringan pemasok senjata api dan amunisi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sepi Klembiab (SK) yang merupakan Kepala Staf KKB wilayah Tabi.

Kedua pelaku baik MO maupun PO saat ini sedang dilakukan pengembangan dan pemeriksaan di Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Jayapura.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan