Didukung SLD Freeport, Warga Tipuka dan Ayuka Antusias Rayakan HUT RI ke 77

PERLOMBAAN | Suasana perlombaan yang digelar dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 di Kampung Ayuka dan Tipuka. Foto: Istimewa/Seputarpapua)
PERLOMBAAN | Suasana perlombaan yang digelar dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 di Kampung Ayuka dan Tipuka. (Foto: Istimewa/Seputarpapua)

TIMIKA | Semangat kebersamaan dan kegembiraan yang luar biasa terlihat di wajah warga kampung Tipuka (Distrik Mimika Timur), dan warga Ayuka (Distrik Mimika Timur Jauh) saat merayakan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 77.

Antusiasme ini terlihat saat warga berbondong-bondong mendatangi lapangan perlombaan. Seperti warga Kampung Tipuka, yang sejak pukul 08.00 WIT, pada Sabtu (6/8/2022) lalu sudah memenuhi lapangan SDN Tipuka, tempat lomba digelar oleh panitia.

Dimana, pada perlombaan sendiri melibatkan seluruh usia, dari siswa SD, kalangan remaja hingga mama-mama dan bapak-bapak.

Ditambah lagi kepala, lengan, pipi dan dahi mereka berhiaskan pita dan stiker Merah-Putih.

Adapun perlombaan yang digelar mulai, lomba balap karung, membawa kelereng di sendok, dan tarik-tambang.

Situasi yang sama dijumpai di lapangan SDN Ayuka, pada Sabtu (13/08/2022). Lebih dari 200 warga, mulai dari siswa-siswa SDN Ayuka, para Guru, aparat kampung, kaum remaja, para mama dan bapak-bapak, termasuk para pegawai Puskesmas Ayuka memenuhi arena lomba.

Tak dipungkiri bahwa nuansa kegembiraan dan kebersamaan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77 begitu kental. Dimana, seluruh warga Ayuka yang hadir menghiasi tubuh dan wajah mereka dengan stiker dan pita Merah Putih yang disediakan penyelenggara.

Kemeriahan ini sendiri sudah terjadi, sejak lima tahun terakhir. Hal ini terjadi karena adanya keterlibatan seluruh aparat dan warga kampung Tipuka dan Ayuka serta dukungan penuh dari Divisi Social Responsibility/SLD PTFI, mitra kerja PTFI, Brigif 20 KOSTRAD, Kepala Sekolah dan Guru SDN Tipuka dan Ayuka, serta Puskesmas Ayuka.

Di samping menggelar lomba, rangkaian acara peringatan Kemerdekaan RI ke 77 di kedua kampung juga melaksanakan pembersihan akses jalan menuju ke dua kampung.

Kegiatan itu dilakukan dengan menggerakkan warga dan dibantu personil Brigif 20 KOSTRAD untuk memangkas tanaman rambat yang membuat akses jalan menjadi sempit.

Kegiatan berlanjut dengan pemasangan umbul-umbul dan pembagian bendera Merah Putih untuk seluruh rumah di kedua kampung. Sehingga menambah suasana semarak saat melintas jalan kampung dan permukiman.

Staf CLO PT Freeport Indonesia Frans Gare dan Dr. Leonard is Tumuka yang menghadiri gelaran lomba di Tipuka dan Ayuka menyatakan kebanggaan atas kesuksesan acara lomba.

“Saya ucapkan terimakasih, dan ini terjadi karena kolaborasi seluruh pihak,” ujar Frans melalui siaran pers yang diterima seputarpapua.com.

Mewakili Mitra Kerja PTFI, Asep Ahmad menyatakan terimakasih atas kontribusi nyata aparat dan warga kampung, kepala sekolah dan guru-guru SDN Tipuka dan Ayuka, Brigif 20 KOSTRAD, serta Puskesmas Ayuka.

Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI perlu dan harus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan.

“Momentum itu dapat menjadi sarana untuk membangun dan memperkuat kesadaran tentang makna persatuan dan kesatuan NKRI, sejarah perjuangan merebut kemerdekaan, serta upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI dan mengisi kemerdekaan,” tuturnya.

 

reporter : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.