Dihadang KKB Yahukimo, Lagi 1 Anggota Polri Gugur

Anggota Brimob terkena tembak saat pengadangan oleh KKB Yahukimo di KM 7, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Rabu (30/11/2022). (Foto: Humas Polda Papua)
Anggota Brimob terkena tembak saat pengadangan oleh KKB Yahukimo di KM 7, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Rabu (30/11/2022). (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Tiga anggota Brimob Polri jadi korban dalam baku tembak di jembatan KM 7 Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Rabu (30/11/2022) sekitar pukul 15.20 WIT. Satu anggota gugur tertembak, dua lainnya kini dalam penanganan tim medis RSUD Dekai.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya Rabu malam menjelaskan, awalnya sekitar pukul 15.10 WIT delapan personel Satgas Preventif Ops Damai Cartenz 2022 baru saja mengikuti apel di Mapolres Yahukimo. Selanjutnya mereka bergerak kembali menuju Pos KP3 Logpon.

Dalam perjalanan, tepatnya di KM 7 jembatan Besi Mobil, terjadi penghadangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) wilayah Yahukimo, sehingga terjadi kontak senjata antara personel Satgas Ops Damai Cartenz dengan KKB Yahukimo.

Kemudian personel gabungan Polres Yahukimo bersama Satgas Ops Damai Cartenz dan TNI dari Kodim 1715/Yahukimo mendapat laporan melalui radio, lalu
merespon informasi terkait penghadangan tersebut dan menuju lokasi kejadian.

Tiba di lokasi kejadian, personel gabungan TNI-Polri melakukan perimeter mengamankan area, namun terjadi lagi kontak tembak susulan. Personel gabungan akhirnya melakukan pengejaran dan mengevakuasi tiga personel Brimob yang menjadi korban.

Dari ketiga personel Brimob yang mengalami luka tembak, satu personel diantaranya meninggal dunia, satu dalam kondisi kritis dan dalam penanganan medis di RSUD Dekai, serta satu personel lainnya terkena rekoset peluru dan dalam keadaan sadar.

Personel Brimob yang meninggal dunia atasnama Bripda Gilang Aji Prasetya, mengalami luka tembak di bagian wajah. Sedangkan Briptu Fazuarsyah terkena tembak di bagian punggung kiri dan kini dalam penanganan intensif oleh tim medis RSUD Dekai. Bripda Dona Bagaskara terkena rekoset peluru dibagian punggung.

Pasca kejadian itu, Kombes Kamal mengatakan bahwa aparat gabungan di Yahukimo tengah memburu KKB pelaku penembakan tersebut.

Sementara itu keterangan Pers yang dikeluarkan Markas TPNPB-OPM menyebut, baku tembak di KM 7 terjadi selama 2 hingga 3 jam antara personel Brimob dengan pasukan TPNPB-OPM Kodap XVI Yali Bintang 7 Selatan dibawah pimpinan Elkius Kobak.

Sebelumnya juga pada Selasa, 29 November 2022, informasi yang diperoleh Markas TPNPB-OPM bahwa pasukan TPNPB-OPM pimpinan Kopi Tua Heluka melaporkan telah membunuh seorang anggota Polisi di ibukota Dekai, yakni Brigpol M. Yushdar.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.