Dinas Pariwisata Mimika Gelar Pelatihan Anyam dan Ukir Khas Amungme dan Kamoro

ANYAM | Peserta mengikuti pelatihan anyam di Gedung Tongkonan. (Foto: Anya Fatma/SP)
ANYAM | Peserta mengikuti pelatihan anyam di Gedung Tongkonan. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika, Papua mengadakan kegiatan pengembangan seni dan budaya daerah dengan pelatihan menganyam dan mengukir khas suku Kamoro.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat ini dilaksanakan di Gedung Tongkonan, Jalan Sam Ratulangi, Timika, Senin (24/8).

Asisten I Sekretariat Daerah Mimika, Bidang Pemerintahan, Julianus Sasarari dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini merupakan kegiatan yang strategis mengingat Mimika memiliki kekayaan budaya bernilai kearifan lokal yang luhur.

Katanya, pelatihan ini merupakan wujud nyata bagaimana Pemerintah aktif melibatkan kelompok sanggar-sanggar budaya di Mimika dalam mempertahankan dan juga mempromosikan budaya daerah.

“Ini merupakan bukti upaya melibatkan masyarakat asli Mimika dalam memamerkan hasil karya ukir dan anyam asli Mimika, sehingga setiap peserta perlu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Kegiatan ini kata dia juga sangat strategis menuju pelaksanaan Pesparawi dan PON XX Tahun 2021. Untuk itu ia berharap masyarakat yang mengikuti bisa bersemangat agar nantinya bisa dengan bangga mempertunjukkan dan mempromosikan hasil karyanya.

IKLAN-TENGAH-berita

“Perlu saya ingatkan bahwa hasil dari pelatihan ini juga dapat menjadi bahan acuan bagi pemerintah untuk ditampilkan, dipromosikan serta dipamerkan pada event Pesparawi dan PON tahun 2021 yang akan datang di Kabupaten Mimika,” tuturnya.

Ketua Panitia, Efraim Saria dalam laporannya mengatakan, kegiatan pelatihan menganyam dan ikut ini bertujuan untuk mendorong dan memacu masyarakat dalam berkreativitas dalam seni ukir dan anyam suku Amungme dan Kamoro.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar