Dinas Perpustakaan dan Arsip Mimika Sosialisasi Pentingnya Kelola Arsip

BERSAMA | Foto bersama peserta pada pembukaan sosialisasi. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)
BERSAMA | Foto bersama peserta pada pembukaan sosialisasi. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)

TIMIKA | Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua memberikan sosialisasi pentingnya pengelolaan arsip dalam pelaksanaan pemerintahan.

Sosialisasi dilaksanakan di salah satu hotel di Jalan Cenderawasih Timika, Selasa (26/11/2021) diikuti oleh perwakilan dari OPD, distrik dan kelurahan di lingkup Pemkab Mimika.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Jacob Toisuta menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk bagaimana pendataan kearsipan di setiap OPD, distrik dan kelurahan sesuai dengan aturan.

“Supaya besok-besok ada persoalan-persoalan atau dokumen-dokumen yang diminta itu kita tidak kelabakan atau susah lagi, tapi ini mempermudah,” kata Jacob saat diwawancara, Selasa (30/11/2021).

Ia juga berharap penempatan SDM untuk pengelolaan arsip di setiap OPD, distrik dan kelurahan ini benar-benar yang berkompeten.

“Jadi orang itu betul-betul di situ saja, jangan sampai dia sudah ikut pelatihan selesai tiba-tiba dia dipindahkan lagi,”

“Ini yang nanti akan persoalan, jadi kalau model macam begitu setiap tahun kita bikin sosialisasi juga ibaratnya kita buang garam dalam laut,” ucapnya.

Jacob berharap, ASN maupun tenaga honorer yang sudah mengikuti sosialisasi ini tetap dipertahankan di bagian arsip di masing-masing OPD.

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Mimika, Yulius Sasarari menjelaskan, dalam rangka melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang kearsipan, pemerintah memberikan bekal dan pengetahuan mengenai kearsipan.

Ini karena penyelenggaraan tugas umum pemerintah dapat dilaksanakan dengan optimal, apabila administrasi dapat diimplementasikan secara baik dan benar.

“Kearsipan memegang peran yang sangat penting, karena para penyelenggara pemerintahan ketika di hadapkan pada suatu persoalan, sementara hal tersebut telah lalu dan berlangsung lama, maka yang dilihat pertama kali adalah arsip dari berbagai proses penyelenggaran pemerintahan,” jelasnya.

Arsip yang tertib, baik dan tersusun dengan rapi tentu akan memudahkan dalam melihat dan meninjau kembali pekerjaan dan dokumen yang telah dilakukan.

Oleh karena itu, arsip merupanan dokumen penting yang harus dijaga karena suatu saat akan dipergunakan dalam administrasi perkantoran.

Pelatihan pendampingan kegiatan penciptaan dan penggunaan arsip dinamis ini, sebagai langkah pasti mengawali seluruh rangkaian usaha dan kegiatan bidang kearsipan sebagaimana yang di amanatkan dalam undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan,” kata Sasarari.

Ia berharap dalam kegiatan ini para peserta dapat memahami fungsi dan peranan maupun sanksi dalam pengelolaan arsip dalam pemerintahan yang diharapkan dapat menciptakan SDM yang bermutu dan bermartabat, meningkatkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan kearsipan melalui penyediaan data yang akurat.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.