Dinas PUPR Lelang Proyek Peningkatan Jalan di Kokonao, Anggaran Rp1,9 Miliar

JALAN | Kondisi Jalan di Kokonao. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
JALAN | Kondisi Jalan di Kokonao. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Sekertaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Papua, Inosensius Yoga Pribadi mengatakan, tahun ini pihaknya akan membangun peningkatan jalan di Kokonao, Distrik Mimika Barat.

Konstruksi jalan akan menggunakan Paving Blok sepanjang 200 meter dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp1,9 Miliar.

Proyek tersebut telah dimasukan di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Mimika untuk dilakukan proses lelang/tender.

“Rencana tahun ini pengerjaannya, namun saat ini masih dalam proses lelang, selesai lelang baru dikerjakan di Kokonao,” ujar Inosensius, saat ditemui di Hotel Horison Ultima Timika, Senin (31/5/2021).

Inosensius menjelaskan sebelumnya waktu Forum OPD beberapa waktu lalu, Kepala Distrik Mimika Barat mungusulkan konstruksi jalan diganti dari Paving Blok ke konstruksi beton cor.

Menurut kepala distrik, usulan ini merupakan suara masyarakat setempat dengan alasan jika air pasang tinggi (banjir rob), paving blok berhamburan.

“Sedangkan kita dari dinas ini tidak bisa mengubah apa yang tertuang dalam dokumen anggaran begitu saja. Jadi kami sarankan kadistrik membuat justifikasi, alasannya, berdasarkan permintaan masyarakat dan jelaskan untung ruginya seperti apa,” ungkapnya.

Menurutnya, Dinas PUPR memilih Paving blok karena sudah ada kajian dari perencanaan awal, karena mudah pemeliharaannya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.