Dinkes Asmat Evaluasi Penanganan KLB Polio dan Pelaksanaan PIN Polio

Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat melakukan evaluasi penanganan dan pengendalian KLB polio dan pelaksanaan pekan imunisasi nasional polio. (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)
Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat melakukan evaluasi penanganan dan pengendalian KLB polio dan pelaksanaan pekan imunisasi nasional polio. (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)

ASMAT, Seputarpapua.com | Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Kesehatan melakukan evaluasi penanganan dan pengendalian kejadian luar biasa (KLB) polio dan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio.

Kegiatan evaluasi ini berlangsung di Aula Wiyata Mandala Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, Jumat (21/6/2024).

Dalam evaluasi, Asisten III Sekda Kabupaten Asmat Riechard Mirino mengatakan bahwa respon yang dilakukan pemerintah melalui pelaksanaan PIN Polio, telah dimulai sejak tanggal 27 Mei 2024 dan menyasar pada anak-anak usia 0-7 tahun sesuai prosedur serta capaian target cakupan minimal 95 persen.

Yangmana PIN Polio tahap satu dilaksanakan pada seluruh wilayah Papua mulai Provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat, maupun Papua Selatan.

“PIN Polio tahap satu menggunakan vaksin Novel oral polio type 2 dan Bivalent oral polio vaccine masing-masing diberikan dalam dua putaran, dilaksanakan dengan jarak minimal empat minggu setelah PIN putaran kedua selesai,” kata Riechard Mirino.

Kepada para Kepala Distrik, Kepala Kampung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat hingga Tokoh Adat diharapkan ikut terlibat dalam mengajak masyarakat yang menjadi sasaran untuk aktif dalam pelaksanaan PIN Polio maupun penanggulangan KLB polio di Asmat.

“Mari kita mengajak masyarakat apabila ada anak bayi yang baru lahir untuk dapat membawa ke Posyandu,” tandasnya.

penulis : Elgo Wohel
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan