Dinkes Mimika Usulkan Karyawan Freeport Rapid Antigen Naik dan Turun Tembagapura

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynol Rizal Ubra. (Foto: Anya Fatma/SP)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynol Rizal Ubra. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Reynold Ubra mengusulkan manajemen PT Freeport Indonesia memberlakukan pemeriksaan rapid antigen kepada karyawannya yang naik ke Tembagapura maupun turun ke Timika.

“Selama ini karyawan yang turun ke Timika hanya mengukur suhu badan. Sementara kalau yang naik ke Tembagapura harus rapid antigen,”

“Saya usulkan supaya baik naik maupun turun harus rapid antigen. Ada fenomena yang tak biasa dimana jumlah yang positif yang mau naik ke Tembagapura itu banyak, ini ada apa? Ini sudah jelas menggambarkan ada protokol kesehatan tidak diterapkan dengan baik,” kata Reynold, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/2/2021).

Dikatakan, seharusnya ada system screening untuk ke Timika. Satgas Covid-19 Mimika harus melakukan evaluasi, khusus karyawan Freeport baik naik maupun turun harus negatif rapid antigen.

Penambahan kasus per tanggal 21 Februari 2021 muncul 32 kasus baru dimana kasus baru tersebut lebih banyak karena diperiksa oleh pihak Klinik Kuala Kencana dan Rumah Sakit Tembagapura.

32 kasus tersebut terdiri dari 17 kasus di high land dan 15 kasus di low land. Kasus – kasus tersebut didapat karena pemeriksaannya secara rutin saat orang yang mau naik ke Tembagapura dan saat melaporkan ada gejala.

IKLAN-TENGAH-berita

“Sebenarnya pola pemeriksaan Covid-19 yang diterapkan PTFI itu sangat bagus karena setiap minggu itu dilakukan pemeriksaan secara rutin,”

“Setiap hari rata – rata minimal bisa periksa 100 orang. Makanya kasus kita di Timika meskipun banyak tapi kita bisa menggambarkan situasi hari per hari,” lanjutnya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar