Dinkes Papua Harap OTG Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah

Ilustrasi (Foto: Dok/SP)
Ilustrasi (Foto: Dok/SP)

JAYAPURA | Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Robby Kayame mengatakan, sesuai anjuran badan kesehatan dunia, WHO, pihaknya mendorong agar para pasien Covid-19 di Provinsi Papua yang tidak bergejala bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Tetapi itu atas izin keluarga dan pasien itu, apa dia bisa isolasi mandiri di rumah dengan SOP. Namun jika pasien dan keluarganya tidak bersedia, maka kami akan lakukan isolasi atau karantina terpusat dan penanganan yang disiapkan pemerintah seperti di Hotel Sahid. Sebab rumah sakit kita di wilayah Kota Jayapura sudah penuh dengan angka pasien kita yang masih terus naik,” kata Robby kepada wartawan Senin (29/6).

Menurut Robby, berdasarkan hasil pengamatannya, banyak pasien Covid-19 di Papua yang tidak bergejala, umumnya tidak menularkan kepada keluarganya.

Hal itu yang membuat pihaknya mendorong opsi penanganan pasien dengan cara isolasi mandiri di rumah.

“Ya kan selama ini ada juga yang sudah dirawat dengan isolasi mandiri di rumah. Mereka senang-senang saja. Tim kesehatan tentu akan intervensi dan pantau mereka selama dua minggu,” katanya.

Mantan Kadinkes Paniai ini menegaskan, penyakit ini bisa sembuh sendiri dengan adanya kekebalan pada tubuh (self limiting disease).

Yang penting, pasien menjaga stamina tubuhnya dengan asupan gizi yang baik, istirahat yang cukup, dan pemberian multivitamin.

“Yang dibutuhkan itu pentingnya imunitas tubuh untuk melawan virus corona dan kondisi psikologis yang baik, hindari stress dan jaga suasana hati tetap gembira dan berpikir positif,” katanya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar