seputarpapua.com

Dipermudah, Hampir 300 Izin Telah Dikeluarkan oleh Dinas Perijinan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mimika, Wilem Naa. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mimika, Wilem Naa. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mimika, telah mengeluarkan hampir 300 izin usaha dalam dua bukan terakhir.

“Sejak kemudahan (pengurusan izin,red) sudah 250 sampai 300 lebih yang ajukan izin dalam dua bulan ini, dan kita sudah keluarkan izinnya, mulai dari yang usaha kecil sampai kontraktor,” kata kepala DPMPTSP, Willem Naa, Jumat (16/4/2021).

Willem mengatakan sebelumnya pengurusan izin sangat panjang, dimana permohonan masuk ke Dinas PTSP, Bappeda ke PTSP, lalu PTSP ke Dinas Lingkungan Hidup, dari DLH kembali ke PTSP setelah itu ijin dikeluarkan.

“Sekarang ini kita sudah pangkas karena kita sudah bahas dan sepakati bersama, perusahaan yang berdampak pada lingkungan dan limbah itu ikut prosedur biasa, tapi yang namanya usaha mikro kecil, toko, kios itu kita langsung dari PTSP keluarkan izinnya, tidak perlu pakai alur yang memperlambat,”jelasnya.

Selama ini kata Willem, masyarakat kadang menyalahkan PTSP karena proses izin yang terlalu panjang, namun kali ini ia meyakinkan masyarakat bahwa prosesnya telah dipermudah.

“Kalau perusahaan yang skalanya besar nanti kita lihat, di sini (kantor -red) tenaga dari dinas lingkungan sudah ada begitupun dengan Bappeda untuk tata ruangnya semua ada di kantor ini, jadi ada izin yang masuk mereka bisa tau yang dampak lingkungan berarti ikut prosedur panjang, yang tidak ada dampak lingkungan, surat pernyataan kesanggupan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup langsung dikeluarkan,” terangnya.

Untuk itu, ia mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mimika, Wakil Bupati dan OPD terkait yang sudah membantu dan menyepakati hal-hal baik untuk kepentingan masyarakat.

“Saya ucapkan Terimakasih kepada Bupati, Wabup, dan semua OPD yang sudah bersepakat dan akhirnya selama dua bulan berjalan ini bisa berjalan dengan normal jadi bagus,” pungkasnya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Misba
Berita Terkait
Baca Juga