Dirjen Otda: Pembentukan DOB Provinsi Papua Tengah Tunggu Pembahasan di Komisi II DPR RI

Akmal Malik
Akmal Malik

TIMIKA | Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengatakan, pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tengah telah diajukan ke Komisi II DPR RI. Selanjunya akan dibahas oleh Komisi II kemudian dilakukan penetapan.

“Kami dari Kemendagri sudah ajukan ke DPR RI, selanjutnya tentunya ada prosedur dan mekanisme yang dilalui,” kata Akmal usai melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mimika, Jumat (5/11/2021).

Ia menjelaskan, secara aturan pembentukan DOB Provinsi Papua Tengah sudah sesuai dengan 78, Undang Undang Otonomi Khusus (Otsus). Selain itu, Peraturan Pemerintah nomor 106 Tahun 2021, tentang Kewenangan dan Kelembagaan Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Khusus Provinsi Papua.

Pemekaran Provinsi Papua Tengah sendiri sebagai salah satu usulan prioritas yang diharapkan bisa terealiasi secepatnya.

“Saat ini tinggal menunggu Komisi II DPR RI untuk tindaklanjutnya. Karena inikan inisiatif dari DPR RI,” katanya.

Kalau menyangkut, kapan bisa terealisasi Pemekaran Papua Tengah, Akmal mengatakan, pihaknya berharap secepatnya.

“Kami berharap secepatnya, kita tunggu dari DPR RI,” ujarnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.