Disdukcapil Mimika Tahun ini Programkan Nikah Massal di Daerah Pesisir

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Sekertaris Dukcapil, Lukas Tahitu. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Sekertaris Dukcapil, Lukas Tahitu. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Papua, tahun 2021 membuat program pelayanan nikah massal (Catatan Sipil) di daerah pesisir, tepatnya di Distrik Mimika Tengah.

Tahun-tahun sebelumnya program nikah massal hanya dilakukan di Kota Timika, namun kali ini menyasar pada Kampung Miyoko, Atuka, Kekwa, Timika Pantai, dan Aipawapuka.

Sekertaris Didukcapil Lukas Tahitu mengatakan, program nikah massal ini akan dilakukan pada Bulan Agustus dalam rangka HUT RI, dengan target 100 pasangan.

Penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan saat acara nikah massal nantinya.

“Jauh-jauh hari nanti kita akan menyurat menyampaikan ini kepada kepala distrik, supaya masyarakat dalam pertemuan-pertemuan kepala distrik bisa sampaikan bahwa sasaran dilaksanakan nikah masal ini di distrik Mimika Tengah,” kata Lukas saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/4/2021).

Menurut Lukas, ada panitia dari Disdukcapil yang akan terus berkoordinasi dengan pihak distrik untuk mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan pernikahan catatan sipil, seperti syarat sudah nikah sah dalam agama, KTP, pas foto, mengisi formulir, kemudian nantinya ada saksi-saksi.

Lukas mengaku, tahun 2020 lalu sudah ada perencanaan terkait program ini, namun karena refocusing akibat Covid-19 sehingga tidak bisa dilaksanakan.

“Dalam kota ini kita sudah sering melakukan, coba sekarang kita ke area pesisir, dan kita berpikir mungkin masyarakat disana bisa mengetahui terkait pernikahan catatan sipil juga. Jadi kali ini coba kita buat terobosan baru, bukan hanya di kota saja tapi ke pesisir juga,” ujar Lukas.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti