Dishub Rencana Pasang 10 Titik Lampu Jalan di Kwamki Narama. Kadistrik: Kami Butuh 150 Titik

Salah satu ruas jalan di Kota Timika yang dipenuhi lampu jalan sebagai penerangan juga memperindah kota. (Foto: Saldi Hermanto/Seputarpapua)
Salah satu ruas jalan di Kota Timika yang dipenuhi lampu jalan sebagai penerangan juga memperindah kota. (Foto: Saldi Hermanto/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Papua tahun 2022 akan melakukan pekerjaan pemasangan lampu jalan sebanyak 10 titik di Distrik Kwamki Narama.

“Pekerjaan lampu jalan, itu ada 10 buah yang akan kami kerjakan itu letaknya di Kwamki Narama itu permintaan Distrik untuk kami pasang disana,” kata Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Dishub Mimika, Maikel Orun.

Dijelaskan saat ini sudah ada pelimpahan tugas dimana sebelumnya yang menangani lampu jalan adalah Dinas Perumahan, Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika.

“Jadi sudah menjadi kewenangan kami (Dishub) mengenai lampu jalan itu,” pungkanya.

Sementara itu Kepala Distrik Kwamki Narama, Hence Suebu menjelaskan lampu jalan tersebut diusulkan pada saat Musrenbang tingkat distrik.

Dimana yang diusulkan adalah 150 titik lampu dari jalan masuk sampai kompleks Kwamki Narama.

“Target kita tahun 2023 itu Kwamki Narama sudah terang, kita butuh 150 titik,” jelas Hence ketika diwawancarai di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Jumat (21/1/2022).

Namun, yang dianggarkan oleh Dishub baru untuk 10 titik lampu sehingga ia berharap nanti bisa dianggarkan lagi pada anggaran perubahan.

“Namun sayang, alokasi anggaran yang diberikan oleh tim anggaran untuk Dinas Perhubungan hanya 10 titik saja, kalau kita lihat jalan utama dari bandara lama sampai dengan puskesmas Jileale itu sekitar empat kilo lebih, kalau 10 lampu mau bikin apa,” katanya.

Ia menjamin nantinya lampu sudah terpasang akan dijaga oleh masyarakat setempat.

“Yang ukur jalan itu pemuda dan distrik, bukan perhubungan yang ukur, jadi pemuda juga yang akan bertanggungjawab menjaga lampu tersebut. Intinya pendekatan-pendekatan ke masyarakat itu yang penting supaya bisa saling menjaga,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.