Disinggung Soal Pilot Susi Air, Ini Tanggap Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo bersama anak-anak Papua dalam kegiatan Papua Street Carnival di Kota Jayapura, Papua. (Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo bersama anak-anak Papua dalam kegiatan Papua Street Carnival di Kota Jayapura, Papua. (Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

JAYAPURA | Penyendarean Pilot Susi Air Captain Philips Mark Mehrtens rupanya menjadi atensi serius Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Papua.

Hal itu sebagaimana diakui mantan Wali Kota Solo ini saat disinggung soal atensi Pemerintah Pusat ihwal sejauhmana upaya proses pembebasan pilot bule asal Selandia Baru itu yang ditawan KKB Egianus Kogoya CS sejak lima bulan lalu.

Menurut Presiden Joko Widodo, ia bersama Forkopimda Papua telah menggelar rapat internal di kota Jayapura pada Kamis malam, 6 Juli 2023.

“Sudah kita rapat internal tadi malam. Intinya Pemerintah sudah berusaha keras untuk menyelesaikan persoalan itu,” katanya usai membuka Papua Street Carnival di Kota Jayapura, Jum’at (7/7/2023).

Masih menurut Presiden, Pemerintah Pusat hingga saat ini masih serius dan terus berupaya membebaskan pilot Susi Air itu.

“Ya, kita ini tidak berdiam. Justru kita sudah berupaya dengan sangat ekstra, bahkan semua sudah kita upayakan dan sedang dikerjakan di lapangan. Tetapi tidak bisa buka,” akunya.

Sebagaimana diketahui Captain Phillip Mark Mehrtens ditawan Egianus Kogoya sejak tanggal 7 Februari 2023.

Captain Phillip menjadi tawanan pasca Egianus Kogoya CS membakar pesawat yang di pilotinya usai mendarat di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Sebagai balasan untuk membebaskan Captain Phillip, Egianus sempat mengutarakan tuntutannya yakni berupa permintaan uang tebusan, senjata, hingga kemerdekaan rakyat Papua yang tengah digelorakan saat ini.

penulis : Alley
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan