Disorda Papua Gelar Event Paralimpik Pelajar, Pertandingkan Dua Cabang Olahraga

Kadisorda Papua, Alexander Kapisa. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)
Kadisorda Papua, Alexander Kapisa. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)

JAYAPURA | Dinas Olahraga dan Pemuda provinsi Papua akan menggelar event bagi atlet muda penyandang disabilitas, Pekan Paralympic Pelajar Provinsi tahun 2022, pada 22-23 Juni 2022.

Ajang pelajar disabilitas ini akan mempertandingkan dua cabang olahraga yakni Renang dan Atletik di Stadion Utama Lukas Enembe.

Kadisorda Papua Alexander Kapisa mengungkapkan alasan lebih dulu lakukan event bagi Paralympiade karena prestasi sudah dibuktikan pada penyelenggaraan Peparnas XVI Papua tahun 2021 lalu.

“Kenapa kami mendahulukan pekan paralimpik pelajar karena memang fokus kami lebih kepada pembibitan dan pembinaan atlet, termasuk di dalamnya adalah paralimpiade,” kata Alexander Kapisa, Senin (20/6/2022).

Lanjut Kapisa, bahwa pembinaan atlet usia muda sangat penting untuk dijadikan aset Papua diberbagai single dan multi event kedepan.

“Sudah terbukti pada saat penyelenggaraan Peparnas kemarin di Papua bisa menjadi juara umum, karena potensi paralimpik untuk Papua sangat besar, terbukti dengan iven-iven yang diikuti baik multi event maupun single event. Papua selalu menjuarai dan menjadi juara umum, dan itu kami fokus pertama, Pekan Paralimpiade Pelajar ini dalam waktu dekat ini akan kami selenggarakan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ajang paralimpik pelajar Papua ini merupakan kegiatan olahraga bagi atlet penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan di cabor atletik dan renang, apalagi pada pelaksanaan Peparnas 2021, kontingen Papua mencatatkan juara umum. Serta menjadi ajang seleksi untuk persiapan Peparnas 2024 Aceh-Sumut dan Peparpenas Nasional di Palembang tahun 2023 mendatang.

reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.