Disperindag Ditantang Lakukan Sidak Barang Kedaluwarsa di Pusat Perbelanjaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Anggota DPRD Mimika, Tanzil Azharie. (Foto: Muji/Seputarpapua)
Anggota DPRD Mimika, Tanzil Azharie. (Foto: Muji/Seputarpapua)

TIMIKA | Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra Tanzil Azharie sangat mendukung langkah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sosialisasi pencegahan barang kedaluwarsa.

Namun Tanzil juga menantang Disperindag melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pusat perbelanjaan terkait barang kedaluwarsa di Mimika.

“Jangan hanya pasang pengumuman dan membuka layanan pengaduan. Tapi juga harus lakukan sidak barang kedaluwarsa,” tegas Tanzil di Timika, Rabu (7/4/2021).

Kata Tanzil, Pemda Mimika melalui Disperindag harus ‘jungkir balik’ melakukan sidak. Tidak hanya melihat secara kasat mata atau sekilas di permukaan. Sidak harus dilakukan tanpa sepengetahuan pengusaha atau penjual.

Apalagi ini menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Tanzil menduga pengusaha akan mengeluarkan barang-barang dari gudang yang mendekati tanggal kedaluwarsa, untuk dijual murah.

“Biasanya barang-barang yang sisa dua bulan menjelang kedaluwarsa akan dikeluarkan. Ini yang harus diantisipasi dan adanya ketegasan dari pemerintah kepada pengusaha atau penjual,” ujarnya.

Ketegasan pemerintah ini dengan mengintruksikan kepada pengusaha, untuk tidak menjual barang-barang mendekati tanggal kedaluwarsa.

“Mari jemput bola dengan melakukan sidak sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Serta memberi ketegasan, agar pengusaha memisahkan barang kedaluwarsa untuk tidak dijual,”ungkapnya.

Ia menghimbau konsumen lebih teliti membeli makanan dan minuman dengan memperhatikan segel dan tanggal kedaluwarsa.

“Apabila ditemukan barang kedaluwarsa, instansi terkait harus tegas. Kalau perlu ditutup usahanya, karena sudah merugikan konsumen. Dan ini diatur dalam undang-undang perlindungan konsumen,” tuturnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Misba
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti