Disperindag Mimika Periksa Barang Kedaluwarsa Jelang Ramadhan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
PERIKSA | Pegawai Disperindag Mimika melakukan pemeriksaan barang kadaluwarsa. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
PERIKSA | Pegawai Disperindag Mimika melakukan pemeriksaan barang kadaluwarsa. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua melakukan pemeriksaan barang kedaluwarsa menjelang bulan Ramadhan.

Kepala Bidang Meteorologi dan Pengaduan Konsumen, La Itam Gredenggo menjelaskan, pemeriksaan ini dilakukan mulai dari toko atau supermarket seperti Diana Shopping Center, Gelael dan Toko Hidayah.

Harapannya agar pada bulan ramadhan nanti barang-barang yang dijual tidak ada yang kedaluwarsa sehingga masyarakat secara umum dan khusus umat muslim saat berbelanja tidak khawatir.

“Supaya mereka beli dengan harapan aman. Dan tidak perlu lagi dia ragu-ragu untuk belanja di tempat-tempat atau pusat perbelanjaan karena kami sudah jalan untuk memeriksakan barang kedaluwarsa,” katanya saat diwawancara usai melakukan pemeriksaan di Jalan Yos Sudarso, Kamis (8/4/2021).

Dua hari pemeriksaan, La Itam mengaku tidak menemukan barang yang sudah kedaluwarsa.

Hanya saja ditemukan dua barang dengan kemasan yang sudah rusak. Namun menurutnya itu bukan hal yang disengaja oleh pemilik toko, karena ditemukan terselip diantara barang-barang lainnya.

“Kami minta kemasan-kemasan yang rusak tidak boleh lagi diperjual belikan,” katanya.

La Itam mengatakan, operasi ini adalah kegiatan rutin Disperindag, dimana ini merupakan yang pertama dilakukan di tahun 2021.

Pemeriksaan juga bukan hanya di toko-toko besar tetapi juga ke kios-kios hingga ke pasar. Ini dilakukan dengan memetakan lokasi toko berdasarkan distrik.

“Saat ini kami fokuskan di toko-toko besar dulu, nanti baru kami menyasar ke toko-toko kecil. Senin kami mulai di Budi Utomo” ungkapnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga