Disperindag Siapkan Metode Cegah Macet di Portal Otomatis Pasar Sentral

PORTAL | Kendaraan yang melintas di Portal Otomatis Pasar Sentral Timika. (Foto: Anya Fatma/SP)
PORTAL | Kendaraan yang melintas di Portal Otomatis Pasar Sentral Timika. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika, Papua menyiapkan metode untuk mencegah antrean panjang di portal otomatis Pasar Sentral Timika.

Kepala Disperindag, Michael Gomar menjelaskan di pintu masuk portal otomatis, satu kendaraan membutuhkan waktu kurang lebih 10 detik untuk mengambil karcis.

Pengunjung tidak lagi menekan tombol untuk mengambil karcis, tetapi sudah disiapkan sehingga bisa langsung masuk.

“Nah untuk menghindari kemacetan atau antrean, palang portalnya akan kita buka tetapi karcis akan tetap kita siapkan untuk dibagikan kepada pengunjung sehingga tidak terjadi antrean. Kurang lebih 5 detik itu sudah selesai,” katanya di Pasar Sentral, Senin (1/2/2021).

Hal sama juga dilakukan di pintu keluar, dimana karcis yang diambil di pintu masuk sudah disiapkan dengan uang pas sehingga mempercepat pembayaran dan melakukan scan untuk bisa keluar.

“Portal pintu masuk dan keluar kita buka. Tetapi itu hanya dalam situasi-situasi antrian yang panjang. Tapi kalau normal atau tidak ada antrean yang cukup panjang kita aktifkan seperti biasa,” ungkap Gomar.

IKLAN-TENGAH-berita

Pembukaan portal ini tidak akan selalu dilakukan karena untuk menjaga perawatan mesin portal otomatis.

“Karena kalau kita mau menggunakan manual terus kasihan mesin ini nanti rusak atau tidak bertahan satu bulan,” tuturnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar