Disporapar Mimika Siapkan PPLP Sepak Bola

Kepala Disporapar Kabupaten Mimika, Yopi Toisuta. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Disporapar Kabupaten Mimika, Yopi Toisuta. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mimika, Papua, sedang menyiapkan Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPLP)  sepak bola.

Kepala Disporapar Kabupaten Mimika Yopi Toisuta mengatakan, PPLP salah satu program jangka pendek di tahun 2023, khusus untuk pelajar SMP kelas 9 dan SMA kelas X.

“Itu tahun depan kita sudah mulai jalan. Tahun ini kita rencana mulai buat lapangan Wania harus bagus, kita renovasi dulu,” kata Yopi, Selasa (21/6/2022).

Untuk seleksi, kata Yopi, pihaknya akan mendatangkan pelatih, dan memastikan 70 persen pelajar yang direkrut adalah anak asli Papua.

“Nanti kita datangkan pelatih untuk seleksi pemain, dan tetap anak Papua yang diutamakan mendapatkan porsi yang besar,” ungkapnya.

Menurut Yopi, selain PPLP sepak bola, kedepan pihaknya juga akan membuka PPLP Atletik.

“Kalau semua sudah jalan baru kita akan bergerak ke setiap olahraga satu persatu. Karena untuk dapat hasil yang baik harus satu sebagai tolak ukur untuk yang lain. Kalau satu sudah baik, otomatis berikutnya pasti akan bagus,” katanya.

Yopi menjelaskan, tugas dari Disporapar adalah membina usia dini sehingga jika PPLP sepak bola ini berhasil, maka bisa menyuplai pemain untuk Persemi. Bahkan, ke tingkat nasional, jika berprestasi.

Sebab, banyak sekali kejuaraan tingkat sekolah, sehingga mereka yang dilatih bisa dikirim dari Timika mengikuti kejuaraan agar memiliki jam terbang yang tinggi.

Yopi juga membeberkan, sebelum PPLP rencannya akan ada pertandingan Danone Cup se Provinsi Papua di Timika pada Februari tahun depan.

“Kalau tidak ada halangan ada Danone cup untuk Provinsi Papua nanti di Timika. Biasanya diselenggarakan di Jayapura, tapi kita dapat informasi bahwa akan diadakan di Mimika. Di Mimika saya siapkan lapangan nanti sesudah Danone kita akan masuk ke PPLP itu tahun depan,” jelasnya. 

Yopi menambahkan, jika program PPLP sepak bola jangka berhasil,  maka di Timika ada dua program pendidikan sepak bola, yakni jangka panjang yang diselenggarakan  PT Freeport Indonesia, dan jangka pendek oleh Pemkab Mimika.

“Yang freeport sedang godok juga kami setuju sekali karena jangka panjang, sehingga di Timika ada jangka panjang dan ada jangka pendek. Saya ucapkan terimakasih kepada Freeport juga karena ada kepedulian terhadap sepak bola di Kabupaten Mimika,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.