Dites Urine, 842 Pegawai Pemkab Mimika Dinyatakan Bebas Narkoba

Petugas BNN Kabupaten Mimika melakukan tes urine terhadap pegawai Pemkab Mimika. (Foto: Ist)
Petugas BNN Kabupaten Mimika melakukan tes urine terhadap pegawai Pemkab Mimika. (Foto: Ist)

TIMIKA | Sebanyak 842 pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika jalani tes urine dari petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika.

Seluruhnya itu dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba).

Kepala BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling, menyampaikan bahw tes hari pertama dilakukan terhadap 489 pegawai, selanjutnya hari kedua dilakukan terhadap 353 pegawai dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

OPD tersebut antara lain Bappeda, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Disdukcapil, Dinas Pendidikan, dan Badan Kepegawaian Daerah.

Selanjutnya Dinas Pemberdayaan Kampung dan Masyarakat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Satuan Polisi Pamong Praja.

“Seluruh pegawai dinyatakan bersih dari penyalahgunaan narkotika dengan hasil negatif,” kata Mursaling dalam keterangannya, Rabu (2/11/2022).

Tes urine yang dilakukan ini, kata Mursaling, dalam rangka Bulan Bakti Korpri demi mewujudkan ASN Pemkab Mimika bersih dari narkoba atau yang disingkat menjadi kata ‘Bersinar’.

BNN masih akan melakukan lagi tes urine pegawai di OPD lainnya yang belum dites urine.

Diberitakan sebelumnya, mulai 1 November 2022 Pemkab Mimika bekerjasama BNN Kabupaten Mimika akan melakukan tes urine kepada lebih dari 6.000 pegawai.

Plt Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan bahwa tes urine ini bertujuan mewujudkan ASN yang berwibawa dan bebas narkoba.

Tes urine ini dilakukan untuk pegawai baik ASN maupun non ASN, dan juga untuk semua pejabat mulai pejabat Eselon II, Eselon III dan juga eselon IV.

Plt Bupati mengingatkan kepada semua pegawai untuk mengikuti tes urine dilakukan oleh petugas BNN Kabupaten Mimika.

Untuk diketahui, jumlah pegawai ASN di Kabupaten Mimika berjumlah lebih dari 4.000 orang, sedangkan pegawai non ASN berjumlah 2.913 orang.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.