seputarpapua.com

DLH Mimika Buka Aduan Lingkungan Melalui Aplikasi Berbasis Android

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Frengki L Taco
Frengki L Taco

TIMIKA | Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Papua, saat ini sudah membuka ruang pengaduan terkait dengan masalah lingkungan, melalui aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Lingkungan Hidup (SiFANLHI).

Kepala Bidang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Frengki L Taco mengatakan, penerimaan pengaduan sudah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor P.22/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2017, tentang Tata Cara Pengelolaan Pengaduan Dugaan Pencemaran dan/atau Perusakan Lingkungan Hidup dan/atau Perusakan Hutan

Dari dasar itu, maka pihaknya membuka pelayanan pengaduan melalui aplikasi berbasis android yang bernama SiFANLHI.

Aplikasi yang dikembangkan secara mandiri ini bisa di download melalui google play store.

“Sebelumnya laporan itu dilakukan secara manual, yakni masyarakat datang langsung ke kantor dan membuat pengaduan. Tapi sekarang sudah tidak lagi, karena ada aplikasi SiFANLHI yang memudahkan masyarakat dalam mengadukan permasalahan lingkungan,” kata Frengki di Kantor DLH, Senin (19/4/2021).

“Aplikasi aduan ini juga dalam rangka mendukung program dari pemerintah, yakni ‘smart city’. Serta menekan biaya dan waktu masyarakat dalam melakukan pengaduan,” tambah Frengki.

Menurut Frengki melalui aplikasi ini masyarakat tinggal melakukan pengisian data lengkap untuk pendaftaran, selanjutnya bisa langsung mengisi form pengaduan.

Misalnya, ada yang menemukan pencemaran terhadap lingkungan, bisa mengadukan di aplikasi ini disertai foto sebagai pelengkapnya.

Berita Terkait
Baca Juga