Dorongan Papua Alokasikan Dana Abadi Pendidikan untuk OAP

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Ilustrasi

JAYAPURA | Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu-RI) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengalokasikan dana abadi yang dikhususkan untuk membiayai program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pendidikan Orang Asli Papua (OAP).

Hal itu dikemukakan Direktur Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenkeu RI, Ir. Dwi Larso MSIE, Ph.D disela-sela Pelatihan Manajemen Beasiswa bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, seperti dikutip dari Papua.go.id, Senin (8/3/2021).

Menurut Dwi Larso, dana abadi pendidikan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua yang dialokasikan setiap tahun.

Pengelolaannya dapat memodifikasi model atau bentuk program dana abadi pendidikan yang dikelola Kemenkeu RI melalui LPDP.

Kata Dwi, hingga kini dana abadi pendidikan yang dikelola LPDP mencapai Rp70 trilliun. Dengan penerima beasiswa sebanyak 28 ribu orang dari seluruh Indonesia, dan 13 ribu diantaranya telah menyelesaikan pendidikan mereka.

“Pemerintah Papua bisa mengalokasikan dana abadi khusus untuk membiaya pengembangan SDM dan pendidikan. Dananya bersumber dari APBD atau juga dari Dana Otsus atau dana lainnya,” usulnya.

Dwi Larso mengatakan dengan adanya dana abadi pendidikan, bakal mempermudah Pemprov Papua membiayai program pengembangan SDM dan pendidikan OAP di masa mendatang. Penggunaannya juga diperuntukan membiayai riset-riset yang dilakukan akademisi dan ilmuwan guna membantu Pemerintah Papua dalam mengelola sumber daya alam yang melimpah di Bumi Cenderawasih.

“Contohnya, dana abadi pendidikan yang dikelola LPDP Kemenkeu digunakan untuk membiayai beasiswa pendidikan dan riset-riset guna membantu program pembangunan pemerintah di tanah air,” jelas Dwi Larso.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga