DPRD Mimika Bahas RPJMD 2020-2024, Program Harus Sentuh Langsung Masyarakat

PENYERAHAN | Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menyerahkan materi pembahasan RPJMD kepada Ketua DPRD Mimika, Robby K. Omaleng. (Foto: Saldi/SP)
PENYERAHAN | Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menyerahkan materi pembahasan RPJMD kepada Ketua DPRD Mimika, Robby K. Omealeng. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | DPRD Kabupaten Mimika, Papua melaksanakan Rapat Paripurna I Masa Sidang II tentang Pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2020-2024, Jumat (10/7).

Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dalam hal ini Bupati Eltinus Omaleng, secara langsung menyerahkan materi RPJMD kepada Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng untuk selanjutnya dilakukan pembahasan.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD berpesan agar Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) bersama Pemerintah Daerah dapat memperhatikan muatan materi.

Sebab, anggota DPRD telah menampung aspirasi dari masyarakat serta menjadikannya sebagai skala prioritas yang dituangkan kedalam pokok pikiran.

Dengan demikian, diharapkan itu dapat dimasukkan ke dalam rencana pembangunan yang tentunya dapat menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

“Disamping itu dalam pembahasan selanjutnya dilakukan koordinasi dengan pemerintah daerah,” lanjut Robby.

Menurut dia, RPJMD berbicara pembangunan jangka menengah, yang merupakan keperluan perencanaan pembangunan daerah dalam waktu lima tahun kedepan.

Yang mana berisi penjabaran visi misi dan program kepala daerah serta memperhatikan rencana pembangunan menengah nasional.

Sementara itu rencana program daerah bertujuan untuk mewujudkan peningkatkan dan pemerataan kesejahteraaan masyarakat, meningkatkan kesempatan kerja, meningkatkan lapangan berusaha, meningkatkan akses dan pelayanan publik serta meningkatkan kemampuan daya saing daerah

“RPJMD Kabupaten Mimika tahun 2020-2024 merupakan perencanaan pembangunan jangka panjang daerah tahun 2009-2025. Dengan demikian maka, pemerintah daerah dalam hal ini bagian perencanaan tentunya sudah secara detail dalam memahami apa yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran dan mencapai keberpihakan pembangunan di Kabupaten Mimika,” terangnya.

Bupati Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengatakan, RPJMD Kabupaten Mimika tahun 2020-2024 merupakan dokumen resmi perencanaan di daerah yang mempunyai kedudukan dan bidang yang strategis.

Hal itu akan menjembatani perencanaan dan pengembangan tahunan dalam dokumen perencanaan pengembangan daerah untuk program lima tahun, yang mana didalamnya memuat visi dan misi serta program-program pembangunan Bupati dan Wakil Bupati.

“Dan yang diterjemahkan dalam tujuan sasaran strategis kegiatan dan program prioritas selama lima tahun,” kata Bupati.

Penyusunan RPJMD 2020-2024 merupakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional.

Daerah sesuai dengan kewenangannya, menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam setiap perencanaan pembangunan nasional.

“RPJMD agar dapat menjadi rujukan pembangunan di daerah dan menjadi semakin penting dalam era otonomi daerah, yang disusun berdasarkan potensi unggulan dan kemampuan yang pesat dimiliki daerah ini,” terangnya.

 

Reporter: Saldi
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar