seputarpapua.com

Dua Kelompok Pendulang Emas Bentrok di Mile 25 Area Freeport, Sejumlah Camp Dibakar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
AMANKAN | 5 orang warga pendulang diamankan, diduga pelaku yang melakukan pungutan kepada warga pendulang lainnya, Kamis (25/3/2021). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
AMANKAN | 5 orang warga pendulang diamankan, diduga pelaku yang melakukan pungutan kepada warga pendulang lainnya, Kamis (25/3/2021). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Bentrok antar kelompok warga pendulang pecah di area Mile Point 25, Distrik Kwamki Narama, Mimika, Papua, Kamis (25/3/2021) sekitar pukul 08.00 WIT. Akibat bentrok ini, seorang warga pendulang dilarikan ke RSUD Mimika.

Aparat kepolisian dari Polsek Mimika Baru mendapat informasi dari area pendulangan bahwa telah terjadi bentrok antar kelompok warga pendulang di mile 25. Kemudian direspon menuju lokasi kejadian bersama personel Polres Mimika yang dipimpin Wakapolres Kompol Sarraju bersama personel Sabhara, Dalmas dan Perintis.

Saat tiba di lokasi kejadian aparat langsung berupaya menghentikan pertikaian antar dua kelompok. Di mana, akibat bentrok yang terjadi sempat mengakibatkan adanya aksi pembakaran terhadap camp-camp para pendulang.

Saling serang antar dua kelompok warga pendulang ini dengan mengunakan alat tajam, panah wayer, bahkan senapan angin.

Satu orang warga pendulang bernama Zakarias Andre terkena panah wayer pada bagian punggung belakang dan dilarikan ke RSUD Mimika.

Sementara lima orang yang diduga pelaku penyebab terjadinya bentrok telah diamankan petugas ke Polsek Mimika Baru, masing-masing adalah Refelino Waltein (39), Rei Rada (30), Thomas Heatubun (46), Wely Reyaan (42), dan Natalis Heatubun (52).

Informasi yang diperoleh dari warga pendulang bahwa, bentrok terjadi akibat adanya pungutan kepada tiap-tiap warga pendulang mulai area mile 29 hingga ke area bawah (portsite). Di mana pungutan itu dimotori oleh saudara Refelino Waltein bersam kelompoknya.

Pungutan itu adalah biaya masuk area pendulangan bagi orang baru sebesar Rp400 ribu, dan iuran bulanan sebesar Rp250 per bulan.

Berita Terkait
Baca Juga