Dua Langkah Penting Dilakukan Dinkes Mimika Setelah PSDD Berakhir 2 Juli

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra. (Foto: Sevianto/SP)
Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra (Foto: Sevianto/SP)

Reynold memastikan, meski telah memasuki masa new normal, Gugus Tugas Covid-19 Bidang Kesehatan akan tetap bekerja dengan tiga strategi pendekatan yaitu deteksi kasus, tracing, dan isolasi.

“Sampai saat ini pun kami masih berupaya bagaimana menormalkan penanganan Covid-19, supaya bisa terpadu dengan penanganan penyakit lain di Puskesmas maupun rumah sakit,” katanya.

Jika Tim Gugus Tugas Covid-19 resmi menetapkan masa new normal, kata Reynold, maka secara otomatis status Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD) akan dicabut.

“Kalau di tanggal 2 Juli angka reproduksi efektif kita dibawa 1, maka kita sudah bisa masuk ke masa new normal,” jelasnya.

Dua Langkah Penting

Reynold mengatakan, apabila new normal diberlakukan, seluruh masyarakat sudah harus dipastikan bisa menjalankan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Kondisi dimana masyarakat harus tetap produktif, sekaligus mampu beradaptasi dengan hidup normal baru dan aman dari Covid-19, maka Bidang Kesehatan perlu melakukan dua strategi penting.

Pertama, meningkatkan sistem surveilance, deteksi kasus, dan tracing atau pencarian kasus dan menemukan sedini mungkin.

“Termasuk bagaimana menerapkan protokol kesehatan sesuai regulasi daerah,” katanya.

2 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar