Dua Pasien COVID-19 Mimika Punya Kontak Erat dengan Warga yang Meninggal

Reynold Ubra (Foto: Sevianto/SP)
Reynold Ubra (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika, Papua, hingga Rabu (1/4) malam, mencatat kasus terkonfirmasi positif COVID-19 masih berjumlah 3 orang.

Namun, tim gugus tugas menemukan informasi baru setelah melakukan serangkaian investigasi, terhadap riwayat kontak erat risiko tinggi maupun riwayat perjalanan ketiga pasien positif.

Juru Bicara COVID-19 Mimika Reynold Ubra mengatakan, berdasarkan penelusuran yang dilakukan, ternyata pasien 02 dan 03 memiliki kontak erat dengan seorang warga Mimika yang meninggal pada 16 Maret lalu.

Warga yang meninggal tersebut adalah peserta yang mengikuti sebuah kegiatan di Lembang, Jawa Barat, dimana ketika itu telah terjadi transmisi lokal COVID-19 di wilayah itu.

Yang bersangkutan punya riwayat kontak erat risiko tinggi dengan salah satu peserta di kegiatan yang sama, yang juga meninggal di Bandung pada 14 Maret. Keduanya meninggal dengan selisih dua hari.

“Peserta yang meninggal di Mimika dengan peserta yang meninggal di Bandung pernah makan sama-sama, kemudian duduk sama-sama satu meja,” kata Reynold di Timika, Rabu (1/4).

Pasien positif 02 dan 03 ternyata hadir pada saat kematian hingga pemakamanan warga Mimika tersebut. Keduanya berada di sekitar jenazah, termasuk menyentuh jenazah ketika itu.

Selain kedua pasien positif, seorang warga yang kini berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta di Mimika, juga punya kontak dengan jenazah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.