Dua Pelaku Begal di Uno Mart Timika Divonis Tiga Tahun Penjara

SIDANG | Suasana sidang putusan pencurian dengan kekerasan yang dilakukan di Pengadilan Negeri Kota Timika. (Foto: Muji/SP)
SIDANG | Suasana sidang putusan pencurian dengan kekerasan yang dilakukan di Pengadilan Negeri Kota Timika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Dua pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) atau begal di depan Uno Mart, Jalan Budi Utomo, yakni Simon Mario Ludju alias Simon dan Richard Rumbewas alias Richard divonis penjara selama tiga tahun dalam sidang yang digelar, Selasa (7/7).

Vonis kedua terdakwa dibacakan langsung oleh Ketua Majels Hakim PN Kota Timika I. B Bamadewa Patiputra didampingi dua anggota Majelis Hakim Muhammad Khusnul F Zainal dan Waralaso M. Sambolinggi

Proses persidangan dilakukan secara virtual melalui aplikasi online. Majelis Hakim dan JPU Kejari Mimika Habibi Anwar berada di Kantor PN Kota Timika, Jalan Yos Sudarso, sementara kedua terdakwa mendengarkan vonis dari ruang tahanan Polres Mimika, Jalan Agimuga, Mile 32, Mimika, Papua.

Pada bacaan putusan tersebut, Ketua Majelis Hakim mengatakan bahwa kedua terdakwa telah terbukti secara sah melakukan pencurian dengan kekerasan dengan pemberatan, sesuai dengan dakwaan JPU pasal 365 ayat 2 ke (1) dan (2) KUHP.

“Menjatuhkan pidana tiga tahun penjara dikurangi masa tahanan yang sudah dilakukan dan menetapkan terdakwa tetap ditahan,” kata Ketua Majels Hakim dalam putusannya.

Sementara untuk barang bukti berupa tas dan isinya dikembalikan kepada korban. Sedangkan barang bukti baju singlet warna putih, celana, ikat pinggang, dan rekaman CCTV dirampas untuk dimusnahkan.

Sedangkan untuk satu unit sepeda motor Kawasaki KLX, yang digunakan kedua terdakwa dirampas untuk negara.

Kedua terdakwa maupun JPU menerima menerima putusan tersebut. Perkara ini kemudian dinyatakan incraht atau memiliki kekuatan hukum tetap.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar