Dubes Vatikan Resmikan Uskup Agung Merauke Mgr Canisius Mandagi

Dubes Vatikan Mgr. Piero Pioppo mengalungkan Palium kepada Mgr. Canisius Mandagi sebagai lambang Uskup Agung Metropolitan. Foto: Tangkapan layar YouTube Komsos Keuskupan Agung Merauke
Dubes Vatikan Mgr. Piero Pioppo mengalungkan Palium kepada Mgr. Canisius Mandagi sebagai lambang Uskup Agung Metropolitan. (Foto: Tangkapan layar YouTube Komsos Keuskupan Agung Merauke)

TIMIKA | Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo meresmikan/instalasi (posessio canonica) Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSc sebagai Uskup Agung Merauke.

Misa peresmian berlangsung di Gereja St. Fransiskus Xaverius Katedral Merauke, Minggu (7/8/2022), dihadiri Kardinal sekaligus Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo, serta para Uskup dari berbagai provinsi di Indonesia.

Peresmian Uskup Agung Merauke dihadiri ribuan umat Katolik setempat, sekaligus melakukan penyambutan secara antusias bagi para pemimpin gereja dan wakil Takhta Suci Vatikan.

Dubes Vatikan Mgr. Piero Pioppo mengalungkan Palium kepada Mgr. Canisius Mandagi sebagai lambang Uskup Agung Metropolitan. Peristiwa ini menjadi sejarah yang pertama kali di Merauke.

Palium adalah salah satu vestimentum gerejawi dalam Gereja Katolik Roma, yang awalnya dikhususkan bagi Sri Paus, tetapi kini juga dianugerahkan kepada para uskup metropolit sebagai lambang dari yurisdiksi yang diembankan kepada mereka oleh Takhta Suci.

“Saya sudah diangkat sebagai Uskup Agung setahun yang lalu oleh Paus Fransiskus, tapi peresmiannya dilakukan tanggal 7 Agustus 2022 oleh Duta Besar Vatikan mewakili Paus Fransiskus,” kata Mgr. Mandagi dalam konferensi Pers sebelumnya.

Keuskupan Agung Merauke merupakan metropolit Provinsi Gerejani dalam kesatuan dengan empat keuskupan sufragan di dekatnya, yaitu keuskupan Agats, Keuskupan Jayapura, Keuskupan Manokwari-Sorong dan Keuskupan Timika.

Keuskupan Agung Merauke sebagai keuskupan metropolit memiliki persentase umat Katolik terbesar dari keuskupan lainnya di Tanah Papua. Wilayahnya meliputi Kabupaten Merauke, Boven Digoel, dan sebagian besar wilayah Mappi.

Ada pun rangkaian peristiwa bersejarah bagi umat Katolik di Papua ini disiarkan langsung di YouTube Komsos Keuskupan Agung Merauke.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Sevianto Pakiding

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.